IPSI Persiapkan 22 Atlet Silat Hadapi Dulongmas

by
PELATIHAN - Sejumlah atlet silat Kabupaten Batang mengikuti pusat pelatihan di Kecamatan Bawang.

BATANG – Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kabupaten Batang menyatakan 22 atlet silat di wilayahnya siap mengikuti ajang kejuaraan pekan olahraga wilayah (Porwil) Kedu Pekalongan Banyumas (Dulongmas).

Hal itu disampaikan Ketua IPSI Kabupaten Batang, Danang Aji Saputra, saat ditemui di kantor DPRD Kabupaten Batang, Rabu (15/9/2021). Ia mengatakan, 22 atlet silat yang akan diberangkatkan untuk mendulang kejuaraan di ajang bergengsi tersebut merupakan perwakilan dari 11 perguruan silat di Kabupaten Batang.

Adapun, 22 atlet silat itu terus menjalani pemusatan latihan di Kecamatan Bawang. “Ya, latihannya di Kecamatan Bawang. Alasannya, karena Kecamatan Bawang mirip Kabupaten Banjarnegara, tempat event silat Dulongmas digelar,” tuturnya.

Danang menjelaskan, 11 perguruan silat tersebut yaitu Perisai Diri, Merpati Putih, Pagar Nusa, Tapak Suci, Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT), Indonesia Seni Bela Diri (inseba), Raga Jati, Budi Suci, Keramat Jati, Pajajaran, dan Perguruan Pencak Silat Nasional (Persinas) ASAD.

Dilatakan Danang, para atlet silat itu akan menjalani pemusatan latihan antara empat hingga lima kali. “Nantinya 22 atlet silat itu akan diseleksi kembali,” ujarnya.