Antisipasi Penyalahgunaan, Senpi Diperiksa

by
DIPERIKSA - Sejumlah senpi dinas yang digunakan anggota dilakukan pemeriksaan untuk mengantisipasi penyalahgunaan.

KAJEN – Untuk mengantisipasi penyalahgunaan Senjata Api (Senpi), Polres melakukan pemeriksaan secara mendadak kelengkapan pengguna di Mapolres Pekalongan, Selasa (14/09/2021).

Pemeriksaa dilakukan oleh Sie Propam dan logistik. Kegiatan secara mendadak ini dilakukan secara berkala. Mulai dari kebersihan dan kelengkapan senjata api dinas yang dipegang oleh personel. Dalam pemeriksaan itu diawasi langsung oleh Wakapolres Pekalongan Kompol I Ketut Tutut bersama sejumlah pejabat utama Polres Pekalongan.

Adapun waktu pemeriksaan dan pengecekan dilakukan setelah apel pagi di halaman Mapolres Pekalongan. Pengecekan berupa surat ijin, kebersihan, amunisi dan lainnya.

Pada kegiatan itu, anggota yang memegang senjata api dinas secara bergantian menjalani pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas. Wakapolres Pekalongan Kompol I Ketut Tutut menjelaskan, pemeriksaan dan pengecekan senpi merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara berkala.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelaikan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya. Tujuannya untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan,” terang Wakapolres.

Dijelaskan Wakapolres, senjata api dinas dipegang anggota Polri berfungsi untuk melindungi masyarakat ketika personel menjalankan tugas menjaga Kamtibmas. Adapun pemeriksaan dan pengecekan senpi dinas digelar oleh Polres Pekalongan.