DPRD Desak Penertiban Kafe Sepanjang Sigandu

by
Danang Aji Saputra, Ketua Komisi A

*Dinilai Langgar Regulasi Sempadan Pantai

BATANG – DPRD Kabupaten Batang mendesak Pemerintah Kabupaten Batang melakukan penertiban terhadap puluhan warung atau kafe yang berdiri di sepanjang Pantai Sigandu.

Ketua Komisi A DPRD Batang, Danang Aji Saputra mengatakan, bahwa seluruh kafe di sepanjang Pantai Sigandu tak memiliki izin. Mereka (pemilik kafe, red) telah melanggar aturan penggunaan sempadan pantai. Tidak boleh mendirikan bangunan permanen di sana.

“Semua kafe di sana tidak memiliki izin. Harusnya ada penertiban di sana, dalam hal ini Satpol PP sebagai penegak Perda,” tegas Danang ditemui di gedung DPRD Kabupaten Batang, Selasa (14/9/2021).

Ia mengatakan, perizinan di Pantai Sigandu tidak dapat keluar, karena terbentur larangan mendirikan bangunan di sempadan pantai. Menurutnya, dalam aturan yang ada, sepanjang 100 meter sempadan pantai dilarang mendirikan bangunan permanen.

Oleh karenanya, Danang meminta Satpol PP sebagai penegak Perda melakukan penertiban. “Sebenarnya beberapa kafe sudah mengajukan perizinan, namun tidak bisa diproses. Terkendala aturan sempadan pantai,” jelas politisi Golkar itu.