KPU Ajukan Anggaran Pilkada 2024 Rp80 Miliar

by
FINALISASI - Ketua KPU Batang bersama staf melakukan finalisasi penyusunan RAB Pilkada tahun 2024.

*Pemkab Batang Diharap Mulai Cadangkan APBD

BATANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang akan mengajukan anggaran sebesar Rp80 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Batang untuk persiapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Kabupaten Batang, Nur Tofan. Ia mengatakan, bahwa saat ini pihaknya sedang melakukan finalisasi penyusunan anggaran Pilkada 2024 untuk diajukan kepada Pemkab Batang.

“Pengajuan anggaran Pilkada 2024 memang terjadi peningkatan dibanding tahun tahun sebelumnya. Di mana pada pilkada tahun 2006 nilai anggaranya sekitar Rp 6 miliar, tahun 2011 sekitar Rp 12 miliar dan tahun 2017 nilainya Rp 25 miliar,” katanya.

Adapun, kata dia, pertimbangan kenaikan anggaran tersebut antara lain karena tahapan pilkada dilaksanakan pada kondisi pandemi dan jumlah pemilih maupun jumlah tempat pemungutan suara (TPS) juga bertambah, dan honor badan ad hoc.

Menurut Tofan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkab dan DPRD Batang untuk mencadangkan APBD untuk pelaksanaan Pilkada 2024. “Jadi, kami berharap pemkab bisa ‘nyicil’ untuk biaya pilkada agar tidak menumpuk pada saat menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak dan Pemilu 2024. Rencananya kegiatan pencoblosan pilkada dilaksanakan 27 November 2024,” jelasnya.