Pelaksanakan PTM Akan Diperluas

by
Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekalongan, Soeroso

KOTA – Dinas Pendidikan Kota Pekalongan akan memperluas pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM). Hal itu dilakukan setelah evaluasi penyelenggaraan PTM selama dua pekan menunjukan hasil yang baik. Perluasan pelaksanaan PTM, bisa dilakukan dengan menambah jumlah sekolah yang melaksanakan maupun menambah prosentase kapasitas kehadiran siswa di sekolah dalam PTM.

Kepala Dinas Pendidikan, Soeroso menjelaskan, rencana perluasan untuk penambahan kapasitas yakni semula kapasitas maksimal hanya 50 persen menjadi 75 persen kehadiran peserta didik. Sementara jumlah sekolah yang melaksanakan PTM, dia menyebutkan untuk sekolah dibawah naungan Dindik Kota Pekalongan di jenjang TK baru ada satu sekolah yang menggelar PTM terbatas. Untuk tingkat SD dan SMP di Kota Pekalongan hampir seluruhnya telah menyelenggarakan PTM terbatas.

“Sehingga kami bisa memperluas dengan memperbanyak jumlah sekolah yang menggelar PTM terbatas. Selain itu, jika nanti memungkinkan prosentase kehadiran siswa akan ditingkatkan yang tadinya 50 menjadi 75 persen. Tapi masih kami pertimbangkan. Untuk perluasan sekolah, kami akan ukur dulu antara lain tidak hanya keberhasilan PTM saja melainkan kesiapan sekolah yang sudah betul-betul siap membuka PTM terbatas,” jelasnya yang ditemui usai menghadiri Milad ke-2 sekaligus Deklarasi Sekolah Ramah Anak di Sekolah Islam Al-Azhar, Selasa(14/9/2021).

Terkait pelaksanaan perluasan PTM, Soeroso menyatakan Rabu (15/9/2021) akan dijabarkan hasil evaluasi kemudian akan ditindaklanjuti apakah akan memperluas jumlah sekolah atau jumlah kehadiran peserta didik. “Semoga dalam pelaksanaan PTM terbatas di Kota Pekalongan ini semuanya berjalan aman, nyaman dan terbebas dari penularan Covid-19,” katanya.

Sementara berdasarkan evaluasi harian hingga Selasa (14/9/2021) pelaksanaan PTM terbatas di Kota Pekalongan berjalan lancar. Menurutnya, selama PTM terbatas berlangsung belum ada laporan kendala ataupun kesulitan dalam pelaksanaannya di masing-masing sekolah.

“Terkait PTM, berdasarkan evaluasi harian sampai hari ini berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sampai hari ini PTM terakhir evaluasinya tidak ada masalah,” tandasnya.(nul)