Pemda Gratiskan Swab Antigen

by
GRATIS - Pemkab Pekalongan menggratiskan swab antigen bagi peserta seleksi ASN tahun 2021.

**Untuk 2.514 Peserta Seleksi ASN

KAJEN – Sebanyak 2.514 orang akan mengikuti seleksi ASN di lingkup Pemkab Pekalongan. Untuk mengantisipasi penularan virus corona saat tes dilaksanakan, peserta wajib melakukan swab antigen. Pemda pun menggratiskan swab antigen bagi peserta seleksi ASN tahun 2021.

Kepala BKD dan Diklat Kabupaten Pekalongan Wiryo Santoso, Senin (13/9/2021) kemarin, mengatakan, peserta seleksi ASN terdiri atas peserta CPNS sebanyak 917 orang, peserta PPPK non guru ada 14 orang, dan peserta PPPK guru sebanyak 1583 orang. Untuk peserta CPNS akan mengikuti tes SKD di Unnes Semarang pada tanggal 18 September 2021. Untuk peserta PPPK non guru seleksi ujian tanggal 13 Oktober di Semarang.

“Untuk seleksi CPNS tanggal 18 September mengikuti tes SKD di Unnes Semarang. Untuk PPPK non guru tes tanggal 13 Oktober di Semarang. PPPK guru kepanitiaan langsung dari kementerian tes di SMK dan SMA Kedungwuni mulai tanggal 13 September ini,” terang dia.

Pelaksanaan ujian SKD di tengah pandemi, lanjut dia, maka protokol kesehatan dilaksanakan dengan ketat. Seluruh peserta harus bebas dari virus corona yang ditunjukan dari hasil swab antigen.

“Sesuai protokol kesehatan diwajibkan untuk rapid. Untuk peserta seleksi itu pemda memfasilitasi secara gratis. Karena peserta banyak untuk mengurangi kerumunan, dibagi di puskesmas dan laboratorium kesehatan. Mereka mengisi formulir nanti mau divaksin di puskesmas mana. Untuk PPPK guru swab di Aula Kecamatan Kedungwuni,” terang dia.

Disinggung adanya peserta CPNS dari luar daerah, maka kebijakan pusat dalam rangka mengurangi mobilitas peserta luar kota bisa memilih titik lokasi ujian yang terdekat. “Penduduk Jakarta daftarnya di Kabupaten Pekalongan ikut tesnya di Jakarta,” katanya. (had)