Sarpras Proteksi Kebakaran Lapas Perlu Ditingkatkan

by
CEK APAR - Satpol PP Kota Pekalongan bersama Seksi Damkar memeriksa kesiapan SDM dan sarpras proteksi kebakaran di Lapas Kelas IIA Pekalongan, Senin (13/9/2021).

KOTA – Dalam rangka mencegah agar insiden kebakaran seperti yang terjadi di Lapas Kelas I Tangeran tidak terjadi di Kota Pekalongan, Satpol PP Kota Pekalongan sebagai instansi yang menaungi Pemadam Kebakaran (Damkar) melakukan inspeksi atau pemeriksaan dan sosialisasi pemadaman kebakaran di Lapas Kelas IIA Pekalongan, Senin (13/9/2021).

Pemeriksaan dilakukan untuk mengecek kesiapan proteksi sarana prasarana (sarpras) kebakaran sekaligus SDM yang dimiliki Lapas Pekalongan dalam mencegah dan mengantisipasi risiko kebakaran di lapas setempat.

Kegiatan dipimpin langsung Kasatpol PP Dr Sri Budi Santoso, didampingi Kasi Pemadam Kebakaran Hari Wahyudi dan Kalapas Pekalongan Agus Heryanto.

Pantauan di lokasi, Tim Damkar memeriksa langsung kondisi alat pemadam api ringan (apar) yang dimiliki Lapas Pekalongan. Tim juga memeriksa tiap-tiap blok yang dihuni warga binaan Lapas Pekalongan dan beberapa ruang lain untuk mengetahui sejauhmana kesiapan sarpras, alarm darurat, sampai petugas Lapas dalam mencegah dan menangani kebakaran.

Dari pemeriksaan tersebut, terungkap bahwa meskipun Lapas Pekalongan sudah memiliki Standar Operasional Prosedur (SOP) dan mitigasi terjadinya bencana banjir maupun mitigasi risiko kebakaran serta kesiapan SDM, ternyata sarpras proteksi pemadam kebakaran di Lapas Pekalongan masih perlu ditingkatkan. Misalnya saja dari kesiapan Apar, dari delapan unit apar yang dimiliki, yang siap digunakan dua unit, sementara sisanya masih perlu pemeliharaan lanjutan.