Covid-19 Turun, RSDC Ditutup

by
TUTUP SEMENTARA - RSDC Wonokerto ditutup sementara karena kasus Covid-19 saat ini menurun drastis.

**Saat Ini Kasus Aktif Covid Turun Drastis

WONOKERTO – Operasional Rumah Sakit Darurat Covid-19 (RSDC) Wonokerto, Kabupaten Pekalongan ditutup sementara. Pasalnya, tren perkembangan kasus corona di Kota Santri saat ini turun drastis. Demikian disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan, Setiawan Dwiantoro, Senin (13/9/2021).

“Untuk sementara RSDC kita ‘off’-kan terlebih dahulu karena melihat perkembangan yang ada. Namun demikian tetap semua fasilitas dan nakesnya kita persiapkan,” kata dia.

Tenaga kesehatan yang bertugas di RSDC dikembalikan ke Puskesmas. Mereka akan membantu nakes lainnya di Puskesmas dalam percepatan vaksinasi Covid-19. “Karena kita harus menggenjot vaksinasi agar cepat selesai,” tandasnya.

Disebutkan, kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Pekalongan saat ini turun drastis. Hanya ada sembilan pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit. Dengan rincian, dua orang dirawat di RSUD Kraton, dua orang di RSUD Kajen, dua orang di RSI Pekajangan, dan tiga orang dari luar daerah.

“Yang dirawat tinggal sembilan. Sembilan orang ini, tiga orang dari luar wilayah. Jadi kita ada enam. Dua di Kraton, dua di Kajen, dan dua di RSI Pekajangan. Ini pun tidak ada yang di ICU. Ini kan menggembirakan sekali. Saya berharap ke depan demikian,” ungkap Wawan.
Meski saat ini Kabupaten Pekalongan masuk level 2, Wawan tetap menekankan masyarakat untuk selalu mematuhi protokol kesehatan (prokes).

“Kita sekarang bersyukur sudah masuk ke level 2. Kita berusaha tetap meningkatkan prokes kepada masyarakat. Harapan kita satu-satunya adalah kerjasama semua lini. Baik dari lini protokol kesehatan sampai penanganan medisnya,” ujar dia.