Lagi, Hasil Lobi Bupati Direspon Pusat

by
LOBI - Lobi Bupati Kendal Dico M Ganinduto bersama Kepala DKP Kendal dan Kepala Baperlitbang saat ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, untuk kembangkan wisata mangrove di Kendal mendapatkan respon baik.

*Empat Titik Wisata Mangrove Siap Dikembangkan

KENDAL – Bupati Kendal, Bupati Kendal Dici M Ganinduto, kembali menunjukkan kepiawaiannya melakukan kerja-kerja lobi ke pemerintah pusat guna mendukung percepatan pembangunan di wilayahnya. Baru-baru ini, Bupati bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dan Kepala Baperlitbang juga sukses melobi Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI untuk pengembangan kawasan wisata mangrove di empat lokasi.

Empat lokasi wisata mangrove tersebut, yakni Kecamatan Kangkung berada di Desa Sendanggawung dan Desa Jungsemi, Kecamatan Cepiring berada di Desa Margorejo, Desa Korowelang Anyar, dan Desa Korowelang Kulon, dan Kecamatan Patebon berada di Desa Wonosari dan Desa Kartikajaya, serta Kecamatan Rowosari berada di Desa Gempolsewu dan Desa Sendangsikucing. Pihak KKP merespon positif program tersebut dan berjanji untuk memberikan prioritas dukungan.

Dikonfirmasi hal ini, Kamis (9/9/2021), Bupati Dico pun membenarkan. Menurut dia, rombongannya disambut langsung Plt Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut, Pamuji Lestari. Pihaknya meminta dukungan pusat untuk mengembangkan potensi wisata mangrove. “Ini penting dan besar peranannya dalam ikhtiar mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui prioritas pembangunan berkelanjutan,” ujarnya.

Dico mengungkapkan, pihak KKP menyambut antusias permohonan tersebut dan berjanji akan memprioritaskan pengembangan destinasi wisata mangrove di Kendal. Dengan catatan, pihak Kabupaten Kendal harus terlebih dahulu membuat masterplan dan rencana aksi. “Tujuanya agar implementasi bantuan dari pihak Kementerian dapat terukur, tepat sasaran dan tepat guna,” ungkapnya.

Selain itu, KKP juga disebut Bupati tertarik terhadap pengembangan destinasi wisata bahari di empat pantai di Kabupaten Kendal, yakni Pantai Indah Kemangi (PIK), Pantai Ngebum, Pantai Kartikajaya, dan Pantai Sendangsekucing. Upaya ini akan selaras dengan program Desa Wisata Bahari yang diinisiasi oleh KKP.