PPKM Level 2, Geliat Seni Masyarakat Batang Mulai Aktif Kembali

by
SAKSIKAN - Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang, Tri Bakdo, dan pengunjung saat menyaksikan pameran perupa Batang.

BATANG – Turunnya status PPKM Kabupaten Batang ke level 2 ternyata disambut antusias para pegiat seni di Batang. Perupa muda Kabupaten Batang perlahan mulai bermunculan dengan menggelar pameran lukisan bernuansakan dekoratif karena lebih diminati warga.

Salah satunya ditunjukkan dalam pameran bertajuk “Art Exhibition Symphony 9”, yang mayoritas diikuti oleh 9 perupa milenial dari Batang, 9-15 September. “Pameran ini muncul lantaran terlalu lamanya para perupa muda vakum dari kegiatan mengekspresikan karyanya secara langsung. Sehingga akhirnya muncul ide untuk menggelar pameran tersebut, dengan jumlah peserta terbatas Dengan pameran ini seni rupa bisa diterima di daerah yang minim pengetahuan seninya,” terang Ketuna Panitia Pameran, Sigit Purnomo.

Dijelaskannya, karya dekoratif artinya layak tampil di rumahnya. Masyarakat akan lebih menyukai lukisan bunga daripada yang bertema abstrak. “Terkait seniman dan karya yang ditampilkan hanya berjumlah 9, itu sebetulnya jumlah seniman seluruhnya ada 25, cuma karena waktu berdiskusi yang datang hanya 9, akhirnya diputuskanlah karya yang ditampilkan sejumlah tersebut. Kedua, karena masih PPKM, ini alasan kuatnya,” jelas Sigit.

“Ini baru tahap awal, nantinya di bulan Oktober teman-teman Serbuk Pensil mau pameran di Solo, tentunya dengan karya yang lebih beragam dan lebih dari 9 karya,” tuturnya.

Ketua Dewan Kesenian Daerah (DKD) Batang, Tri Bakdo menyampaikan, pameran ditengah PPKM ini merupakan bentuk luapan kegelisahan para perupa muda, yang selama ini berhenti berekspresi.

“Sebenarnya mereka sudah punya karya, tetapi tidak punya tempat karena dibatasi oleh pandemi. Semua seniman itu ingin eksistensinya terlihat dan diakui oleh penikmatnya. Pameran ini adalah sebuah proses awal mereka yang mungkin ingin meniti karir sebagai seniman lukis, mungkin ingin menyalurkan hobi,” tegasnya. (nov)