Pelajar Papua Ungkapkan Kecintaannya Ke Ganjar : Aku Tresno Karo Koe

by
Gubernur Ganjar berfoto bersama prlajar Papua usai mengikuti puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 di Hotel Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (9/9). Istimewa

SEMARANG – Empat pelajar asal Papua tampak malu-malu saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta mereka naik ke atas panggung. Ganjar pun mendapat ungkapan cinta dari salah satu pelajar Papua tersebut.

Hal itu terjadi saat Ganjar memberikan sambutan dalam puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2021 di Hotel Wujil, Kabupaten Semarang, Kamis (9/9). Ganjar disambut empat pelajar Papua dengan tarian ‘Seka’ atau tarian penyambutan khas Papua.

“Sini kakak, itu ngecatnya kapan? Udah daritadi? Ngecat sendiri atau temannya? Ini yang di kepala dan yang dipakai itu apa namanya?,” tanya Ganjar.

“Sudah (dicat) dari tadi jam 2. Kami biasanya sebut “mahkota” pak. Kita punya di asrama, asli juga dari Papua,” ujar salah satu siswa asal Tembagapura Papua bernama Roni.

Kebersamaan mereka pun mencairkan suasana. Ganjar kemudian bertanya, apa bahasa Jawa yang sudah mereka kuasai. Pertanyaan ini dijawab dengan mantap oleh Teresia, siswa Papua di Saint Louis Semarang.

“Aku tresno karo koe,” ujarnya.

Praktis jawaban Teresia memancing tepuk tangan dan tawa dari para hadirin yang datang. Ganjar juga tak mampu menahan kebahagiaannya dan mengacungi jempol Teresia atas jawabannya.

“Terimakasih kakak-kakak semua tariannya keren, bajunya juga keren,” kata Ganjar.

Usai acara, Ganjar menyampaikan terima kasih kepada panitia yang telah menyiapkan acara peringatan dan pelepasan atlet dengan meriah. Ganjar juga mengapresiasi kehadiran para siswa Papua di acara tersebut.

“Terimakasih adik-adik dari Papua sudah menyambut kita juga. Maka saya juga pakai mahkota dari Papua dan kita akan antarkan para atlet kita untuk bisa berlaga,” kata Ganjar.

Ganjar berpesan kepada para atlet untuk semangat, tetap sportif dan menjaga nama baik daerah. Tak lupa Ganjar memberi semangat agar para atlet berjuang sebaik-baiknya untuk meraih medali sebanyak-banyaknya.

“Semangat, harus sportif, bawa medali ke Jawa Tengah dan jangan lupa bawa nama baik terus untuk Jawa Tengah,” kata Ganjar.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jateng Sinung N Rachmadi dalam laporannya menjelaskan, pada PON Papua ini Jateng mengikuti 39 cabor dengan total kekuatan kontingen 651 orang. Sementara untuk Peparnas, Jateng mengirim kekuatan kontingen sebanyak 304 orang. (red)