Pegiat Wisata Sigandu Berharap Adanya PJU

by
GELAP - Suasana jalan di sekitar Pantai Sigandu-Ujungnegoro terpantau gelap saat malam hari.

*Dishub Anggarkan Lagi di 2022

BATANG – Wisata di sekitar Pantai Sigandu tengah menjadi primadona di Kabupaten Batang. Di sepanjang jalanan tepi pantai pun berjejer berbagai jenis usaha, baik warung, cafe hingga restoran. Sayangnya, hingga kini kawasan sepanjang tiga kilometer tersebut belum memiliki penerangan jalan umum (PJU). Oleh karenanya, para pengelola wisata di sekitar Pantai Sigandu berharap adannya PJU sehingga kawasan setempat lebih aman ketika malam hari.

“Di sepanjang jalur sekitar tiga kilometer ini belum ada PJU. Kami berharap pemerintah memberi penerangan jalan untuk mengurangi kecelakaan dan tindak kejahatan,” jelas pemilik Di Sini Kopi, Jauhara Sulaiman, Rabu (8/9/2021).

Jauhara menambahkan bahwa saat ini sudah ada 50 warung hingga kafe di kawasan Sigandu yang buka hingga malam. Tempat-tempat ini selalu ramai dikunjungi, terutama pada sore dan malam hari.

Kepala Dishub Batang, Murdiono menjelaskan, pihaknya tahun 2021 sudah menganggarkan pengadaan untuk 23 titik PJU. Namun anggaran tersebut terdampak refocusing. Direncanakan untuk tahun 2022 akan dianggarkan Rp140 juta untuk 30 titik PJU.

“Untuk tahun 2022 sudah kami anggarkan lagi Rp 140 Juta untuk 30 titik. Secara ideal jumlah PJU di sana harusnya 60 titik. Semoga anggaran ini tidak terkena refocusing lagi,” imbuhnya. (nov)