9 Tempat Wisata Kendal Siap Dibuka

by
LAMPU HIJAU - Dengan PPKM Level 2, Pemkab Kendal memberikan lampu hijau kepada 9 tempat obyek wisata bisa kembali beriperasi dengan terapkan prokes ketat.

*Surat Vaksin jadi Syarat Masuk

KENDAL – Turunnya status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kabupaten Kendal ke level 2 telah menambah ruang gerak bagi aktivitas pariwisata di wilayah setempat yang telah lama tak beroperasi karena tingginya kasus penularan Covid-19. Tak tanggung-tanggung, 9 tempat wisata di Kendal saat ini tengah bersiap untuk kembali beroperasi menyusul lampu hijau yang juga telah diberikan pemerintah daerah.

Adapun sembilan tempat wisata itu, yakni Pantai Ngebum, Pantai Indah Kemangi, Tirto Arum Baru Kendal, Pantai Cahaya, Curug Sewu, Sendang Sikucing, Omahe Opa, River Walk dan Kolam Renang Boja. Sebagai catatan, tempat wisata yang diizinkan beroperasi haruslah berstatus tempat wisata sehat.

Plt Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kendal, Wahyu Yusuf Akhmadi mengatakan, hanya tempat wisata yang sudah memenuhi persyaratan saja yang diizinkan beroperasi. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, di antaranya melengkapi sarana prasarana protokol kesehatan, menerapkan reservasi online, penerapan vaksinasi melalui aplikasi Peduli Lindungi dan lainnya.

“Kami sudah keluarkan petunjuk teknis (persyaratan tempat wisata yang boleh buka), sehingga tidak semuanya nanti bisa dibuka. Jadi, yang hanya memenuhi syarat yang nantinya kita izinkan untuk buka,” katanya, Sabtu (4/9/2021).

Sementara itu, Kepala Desa Jungsemi, Kecamatan Kangkung, Dasuki selaku pengelola wisata Pantai Indah Kemangi menyambut baik atas kebijakan Pemkab yang memberikan lampu hijau tempat wisata bisa kembali buka. Sebelumnya, pihaknya telah mempersiapkan segala persyaratan sesuai petunjuk teknis dari Disporapar, seperti melakukan vaksinasi terhadap seluruh karyawan dan pelaku usaha di tempat wisata, pendaftaran online hingga melakukan simulasi. “Sebelum melaksanakan simulasi, kami adakan vaksinasi untuk semua pedagang maupun karyawan. Nanti pengunjung yang hadir itu mendaftarkan lewat aplikasi itu,” katanya.

Bupati Kendal, Dico Ganinduto mengatakan, Pemkab akan terus melakukan evaluasi terhadap tempat wisata yang sudah mendapat izin buka. Hal ini untuk memastikan tempat wisata tersebut benar-benar mematuhi aturan sesuai juknis, sehingga menjadi wisata sehat. “Dibuka dulu, sambil jalan kita evaluasi,” katanya. (lid)