Dua Problematika Pemilu 2024

by
Abi Rizal

**Daftar Pemilih dan Money Politik

KAJEN – Dua persoalan akan tetap menjadi persoalan klasik pada Pemilu 2024, yakni daftar pemilih dan praktik politik uang. Hal itu disampaikan Ketua Departemen Politik dan Pemerintahan FISIP UNDIP, Dr Nur Hidayat Sarbini, pada webinar yang diselenggarakan KPU Kabupaten Pekalongan, kemarin. KPU Kabupaten Pekalongan menggelar webinar dengan tema “Kesiapan Daerah dalam Penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024”.

Kegiatan dilaksanakan secara daring dengan menghadirkan tiga orang narasumber. Yaitu, anggota KPU RI, Viryan Azis, Ketua Komisi A DPRD Jateng, Muhammad Saleh, dan Dr Nur Hidayat Sardini. Acara dimoderatori oleh anggota KPU Kabupaten Pekalongan M Ahsin.

“Problematika pemilu yang akan tetap terjadi bagi KPU adalah permasalahan daftar pemilih, sedangkan bagi Bawaslu adalah bagaimana menghentikan praktik politik uang,” ujar Nur Hidayat Sarbini.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal, menyampaikan, webinar kali ini dalam rangka belajar bersama tentang bagaimana desain pemilu dan pemilihan di 2024 nanti.

Sementara itu, anggota KPU RI, Viryan, menyampaikan, KPU sebagai penyelenggara harus melakukan perbaikan manajemen secara berkelanjutan yang nanti muaranya adalah perbaikan kualitas pemilu.

Dikatakan, Jateng adalah provinsi pertama yang sudah merampungkan Perda Dana Cadangan untuk Pilkada. Ia mengharapkan daerah lain di Indonesia untuk melakukan hal serupa yang dilakukan oleh Jawa Tengah.