Minimalisir Pengangguran, Disnaker Genjot Pelatihan Kewirausahaan

by
PELATIHAN - Sejumlah masyarakat saat mengikuti pelatihan menjahit yang digelar Disnaker Batang.

Batang – Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kabupaten Batang menggelar pelatihan kewirausahaan untuk para alumni yang sudah lulus pelatihan berbasis kompetensi dasar dan telah membangun usaha sendiri. Pada tahun ini pelatihan kewirausahaan yang dibuka adalah bidang menjahit.

“Pelatihan kewirausahaan diadakan oleh Dinas Ketenagakerjaan dalam upaya peningkatan usaha mandiri yang dilakukan oleh alumni lulusan pelatihan berbasis kompetensi dasar, agar ilmu yang sudah dapat dikembangkan kembali untuk memperkerjakan orang lain,” kata Kepala Disnaker Batang, Suprapto, saat ditemui di kantornya, Kamis (2/9/2021).

Pelatihan yang sedang berlangsung saat ini bertujuan agar para alumni pelatihan berbasis kompetensi dasar yang khusus membuka usaha sendiri dapat mengembangkan skill kewirausahaannya seperti cara pemasaran dan ketrampilan administratif. Sehingga, lanjut dia, para alumni ini dapat memperluas jaringan usaha yang tadinya mungkin hanya di kampong, kini bisa merambah luar kota menjadikan untuk menyerap tenaga kerja juga.

“Tidak hanya dilatih tentang skill usaha saja, Disnaker akan memberikan bantuan berupa alat pendukung usaha sesuai bidangnya misalkan bidang menjahit mungkin kita akan memberi mesin dinamo jahitnya agar tidak manual. Meskipun dana terbatas tetap akan mendapatkan fasilitas,” jelasnya.

Jika sudah berhasil, nantinya usahanya harus sudah mempekerjakan orang lain. Jika belum, Disnaker terus melakukan pendampingan asal ada kemauan berusaha dari peserta pelatihannya.