APBD 2021 Refocusing Rp33M

by
PENYEKATAN - Untuk mengurangi penyebaran Covid-19, sejumlah ruas jalan dilakukan penyekatan.

**Khusus Untuk Infrastruktur

KAJEN – Di masa pandemi, anggaran pembangunan infrastruktur APBD tahun 2021 terpangkas lebih dari Rp 33 miliar. Adapun anggaran tersebut dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Refocusing anggaran tersebut diambil dari masing masing OPD agar penanganan Covid-19 lebih maksimal.

Hal itu dibenarkan Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Pekalongan Abdul Munir, akhir pekan kemarin. Ia menyampaikan sejak adanya pandemi 2020, anggaran untuk pembangunan infrastruktur sengaja dialokasikan untuk penanganan Covid-19. Namun untuk penanganan tertinggi ada pada tahun 2021 untuk percepatan.

“Untuk tahun 2021 ini, APBD yang di refocusing sekitar Rp 33 miliar, ” katanya.

Namun recofusing tak hanya ada pada anggaran infrastruktur, bahkan untuk Kunjungan DPRD frekuensi dikurangi baik untuk perjalanan luar daerah ataupun luar provinsi. Meski terjadi refokusing besar besaran, namun diharapkan program pembangunan kedepan mudah mudahan yang pokok dan wajib bisa ditangani dalam rangka menciptakan Kabupaten Pekalongan yang sejahtera.

“Semoga semua bisa tertangani dan mudah mudahan pandemi bisa turun sehingga DPRD bisa lebih mendorong agar pertumbuhan ekonomi segera meningkat kembali. Diharapkan pertumbuhan ekonomi 7,0 kemudian angka kemiskinan kemarin sempat turun mudah mudahan bisa diatasi dari 10,5 menjadi 1 digit dan ini yang kita harapkan. “