Pilih Budidaya Jahe, Kini Sudah Buka Lapangan Kerja untuk Warga

by
MANFAATKAN LAHAN - Sardono manfaatkan lahan di rumha untuk menanam jahe.

PILIHAN usahanya ini sekaligus mendukung anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja. Sehingga ia pun semakin mantap memanfaatkan lahannya untuk berkebun. Kini, setelah satu tahun resign dari pekerjaannya sebelumn pandemi, aktivitas sehari-harinya pun tak jauh-jauh dari pekarangan belakang rumahnya. Mulai dari menyemai bibit jahe, membuat media tanam dan membersihkan gulma .

Di sekitar rumahnya di antara sela teras dan halaman rumah terhampar bagor jahe. Mulai yang baru semai hingga yang sudah berimpang riuh, total ada lebih dari 2.000 polibag. Tak hanya bisa lebih memberdayakan dirinya, kini bahkan ia pun mampu mengkaryakan warga sekitar untuk membantu budidaya jahe miliknya.

“Alhamdulillah setelah setahun dijalani saya kini sudah membuka lapangan pekerjaan untuk masyarakat sekitar. Semoga tak hanya membantu saya pribadi tetapi juga semakin berdampak positif bagi masyarakat,” terang Dino saat diwawancarai, Senin (23/8/2021).

Rupanya keahlian berkebunnya ini buah hasil belajar dan berdiskusi bahkan bermitra dengan Creative Farm Batang – Indonesia. Dino tergabung dalam gerakan Memanfaatkan Lahan Tidur Halaman Rumah (Melati Harum). Program ini bertujuan agar tetap bisa berkembang dengan potensi yang ada, sekaligus bergerak untuk menghijaukan bumi dan sejahterakan petani .

“Kita harus kreative dan terus obah untuk mencari nafkah. Dan alhamdulillah dari hasil bertani di halaman rumah bisa membawa berkah buat keluarga,” ujar Warga Blado ini.

Ke depan Dino ingin lebih fokus mengembangkan jahe dengan berbagai varietas dan siap menyuplai bibit. Sehingga akan semakin banyak yang mendapatkan manfaat seperti yang ia rasakan. (nov)