Dibangun 2011, TPI 3 Belum juga Difungsikan

by
SUWUNG - Inilah penampakan salah satu bagian bangunan TPI Klidang Lor 3 yang karena tidak terawat akhirnya ditumbuhi tanaman liar.

*Kewenangan Kedermagaan Ada di Provinsi

BATANG – Sejak dibangun pada 2011, belum ada kejelasan mengenai bangunan Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Klidang Lor 3 yang kondisinya kini mangkrak. Pemerintah Kabupaten Batang membiarkan bangunan itu menjadi liar, karena masih butuh dukungan sarpras serta kewenangan kedermagaan juga ada di tingkat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah.

Bangunan TPI tampak tidak digunakan serta tidak dirawat. Banyak tanaman liar yang menjalar di bangunan gedung. “Iya, kantornya engga terpakai, tutup terus,” kata Wanto, nelayan sekitar, Selasa (24/8).

Bangunan utama TPI Klidang Lor 3 digunakan para nelayan untuk membuat jaring atau ikan. Bangunan lain ada yang dimanfaatkan untuk mengolah ikan. Kolam TPI Klidang Lor 3 juga dimanfaatkan untuk parkir perahu hingga docking kapal.

“Yang benar-benar berfungsi justru lahan kosong TPI seluas 2.000-an m2 di bagian Selatan bangunan yang disewa untuk galangan kapal,” ujar kepala Bidang Usaha dan Pengelolaan (TPI) Hermanto di kantornya, kemarin.

Ia menyebut ada empat pengusaha yang menyewa lahan serta biaya sewa masuk menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Hingga kini, diakuinya belum ada rencana lebih lanjut terkait bangunan TPI.