Jumlah Pasien Covid-19 Turun Drastis

by
KOSONG - Kondisi ruang IGD khusus pasien Covid-19 di RSUD Bendan yang terpantau lengang. Saat ini jumlah pasien Covid-19 di rumah sakit rujukan lini kedua itu sudah turun drastis.

*Kondisi di RSUD Bendan
*Direktur: Perlu Penegakan Skrining

KOTA – Situasi berbeda terlihat di RSUD Bendan, rumah sakit yang menjadi rujukan Covid-19. Sempat kewalahan menangani pasien Covid-19 yang jumlahnya melonjak tajam, kini sudah mulai terkendali. Ruang IGD khusus Covid-19 di RSUD Bendan yang biasanya penuh oleh pasien covid, pada Jumat (20/8/2021) terpantau lengang.

Jumlah pasien Covid-19 di RSUD Bendan Kota Pekalongan berangsur-angsur menurun. Dari Kapasitas 61 ruangan untuk pasien Covid-19, data per 20 Agustus 2021 tercatat hanya terisi 14 orang. Enam pasien dengan gejala berat dirawat di ruang ICU dan delapan pasien di ruang biasa.

Hal ini diungkapkan Direktur Utama RSUD Bendan, dr Junaidi Wibawa MSi Med Sp PK. “IGD kami yang sebelumnya penuh sampai menolak pasien kini nol atau kosong. Untuk ketercukupan tempat, ruang ICU 100% digunakan (enam ruangan). Namun untuk non ICU hanya digunakan delapan dari 55 ruangan atau kisaran 14% saja,” terang Junaidi.

Sementara di ruang IGD covid yang sebelumnya sempat penuh antrean, bahkan sampai terpaksa menolak pasien, saat ini dikatakan Junaidi sudah nol pasien. Menurutnya, kondisi tren penurunan ini sudah terjadi sejak awal Bulan Agustus 2021.

Menurut Dokter Junaidi penurunan ini merupakan hal yang baik. Tapi di luar perlu untuk penegakan diagnosis atau skrining lagi. “Kebanyakan pasien Covid-19 yang di ICU ini sudah gawat kondisinya baru dibawa ke RS,” kata Dokter Junaidi.