Lima SD-SMP Dipilih jadi Sekolah Berkeunggulan Lokal

by
DIPILIH - SMPN 4 Bawang menjadi salah satu Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal Disdikbud Batang tahun 2021.

BATANG – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Batang tahun ini memilih lima sekolah untuk dijadikan sebagai sekolah berkeunggulan lokal. Lima sekolah ini di antaranya SDN Karanganyar 01 Reban, SMPN 2 Bawang, SMPN 4 Bawang, SMPN 1 Kandeman, dan SMPN 4 Gringsing.

Plt Sekretaris Disdikbud Batang, Sumanto menjelaskan, lima sekolah ini nantinya memiliki program unggulan masing-masing. Seperti keunggulan di bidang karakter, budaya ataupun adiwiyata.

“Jadi kelima sekolah ini punya keunggulan berbasis lokal masing-masing. Seperti di SMPN 4 Bawang ini, mereka mengangkat keunggulan lokal karakter berbasis agama, sama dengan SMPN 4 Gringsing. Sementara SMPN 2 Bawang dan SDN Karanganyar 01 Reban mengangkat keunggulan budaya. Dan SMPN 1 Kandeman sebagai sekolah adiwiyata,” jelas Sumanto saat menghadiri pembukaan kegiatan sekolah berkeunggulan lokal di SMPN 4 Bawang, Kamis (19/8/2021).

Dijelaskan, kelima sekolah tadi akan mendapatkan bantuan anggaran. Anggaran tersebut untuk mendukung sekolah merancang aneka program dalam membentuk sebagai sekolah berbasis keunggulan lokal.

Kepala SMPN 4 Bawang, Mulud Sugito mengaku senang sekolahnya terpilih menjadi sekolah berbasis keunggulan lokal tahun ini. Pihaknya pun sudah merancang aneka program untuk mendukung penguatan karakter siswanya di bidang keagamaan. Sehingga ke depan bisa membentuk pelajar yang memiliki karakter religius. “Arah kegiatan kami untuk memperkuat jiwa religiusitas siswa dan menjaga kultur masyarakat di sekitar sekolah yang masih religius,” imbuhnya.

Dijelaskan Mulud, pihaknya sudah menyiapkan aneka program untuk sekolah. Seperti Tahfidzul Qur’an, kajian kitab kuning, Mukhodzoroh, Qiroatul Qur’an, Nahwu, Kajian Amsilati/Tasrifiah. (nov)