Radar Batang

Aplikasi Baru Disdukcapil, Pangkas Waktu Pengurusan Dokumen

BATANG – Untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen, baik KTP, KK, surat pindah, catatan sipil, akte kelahiran, akte perkawinan dan akte kematian. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Batang akan meluncurkan aplikasi baru berbasis layanan online.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Batang, M Abdul Rahman mengatakan, aplikasi layanan online yang akan diluncurkan itu diberi nama pelayanan dua (Yandu), pelayanan tiga (Yanti) dan pelayanan empat (Yanpat).

“Jadi, dengan aplikasi ini, meskipun pemohon mengajukan satu layanan, tetapi bisa dilayani lebih dari satu. Semisal saja, pemohon mengajukan permohonan akte kelahiran, maka secara otomatis akan mendapatkan KK baru, karena ada anggota keluarga bertambah. Sebaliknya, jika mengajukan akte kematian, maka akan mendapatkan KK baru, akte kematian, dan KTP baru,” terangnya, Senin (29/1).

Dengan adanya aplikasi layanan online tersebut, kata Rahman, diharapkan dapat untuk memangkas waktu pelayanan dan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan dokumen yang dibutuhkan.

“Aplikasi online tersebut dapat untuk memangkas waktu layanan, yang biasanya harus dari desa, lalu ke kecamatan sampai ke Disdukcapil, sekarang cukup mengaksesnya dari rumah saja. Hanya perlu komputer dan jaringan internet saja,” katanya.

Disebutkan Rahman, aplikasi layanan online tersebut telah melalui tahap uji coba pada bulan Desemer tahun 2017 lalu. Dan akan segera diluncurkan oleh pihaknya dalam waktu dekat.

“SDM nya sudah ada, kami siapkan tim tersendiri untuk menangani aplikasi ini. Jadi bulan Februari nanti aplikasi ini sudah bisa diluncurkan,” terangnya.

“Harapan kami, dengan adanya aplikasi layanan online bisa memberantas calo. Karena selama ini disinyalir ada sejumlah oknum memanfaatkan masyarakat yang membutuhkan surat-surat dengan meminta sejumlah untuk dengan dalih uang tersebut sebagai uang jasa,” tambahnya. (fel)

Penulis: M. Dhia Thufail & Redaktur: Dony Widyo

Facebook Comments