Kepuasan Masyarakat Dindukcapil Sangat Baik

by
SANGAT BAIK - Hasil Survei Kepuasan Masyarakat pada September 2020, pelayanan di Dindukcapil Kabupaten Pekalongan mendapat penilaian sangat baik.

**Hasil Survei IKM

KAJEN – Hasil Survei Kepuasan Masyarakat (IKM) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Pekalongan mendapatkan penilaian 91,94 (kategori A). Artinya, semua unit pelayanan di Dindukcapil menunjukkan kinerja pelayanan yang sangat baik. Survei ini dilakukan pada bulan September 2020.

Demikian disampaikan Kepala Dindukcapil Kabupaten Pekalongan Abdul Baqi, kemarin. Dalam survei itu, responden juga dimintai pendapatnya. Menurutnya, ada beberapa pendapat atau masukan dari masyarakat yang sudah langsung ditindaklanjuti oleh Dindukcapil Kabupaten Pekalongan.

“Layanan aduan paling banyak mendapat respon negatif dari para responden. Selanjutnya masih dikeluhkan terkait dengan cara akses pelayanan online aplikasi Simpel,” kata Baqi.

Pendapat responden yang disampaikan lainnya adalah kondisi kebersihan kamar mandi, dan informasi jam pelayanan tatap muka yang kurang.

Disampaikan, ada beberapa saran atau rekomendasi dari hasil survei tersebut. Di antaranya, pelayanan melalui aplikasi online (Simpel) menjadi alternatif solusi yang sangat membantu dalam pelayanan pada kondisi pandemi Covid-19. Namun untuk dapat diakses masyarakat dengan mudah, dibutuhkan sosialisasi yang lebih intens tentang cara menggunakan aplikasi tersebut. Turorial yang ada baru untuk download aplikasi dan tutorial akta kelahiran. Untuk itu perlu dilengkapi dengan jenis pelayanan lainnya.

“Rekomendasi kedua terkait pelayanan aduan. Pelayanan aduan menjadi layanan tatap maya yang paling banyak diakses masyarakat. Dari kesan yang masuk sebagian besar menganggap pelayanan aduan ini responnya kurang cepat karena perugasnya hanya satu orang. Padahal jumlah aduan yang masuk setiap harinya banyak. Oleh karena itu, perlu adanya penambahan petugas yang menangani layanan aduan ini,” ujar dia.