Covid Rangers Mbrebes Mili Diundang Ganjar ke HUT Jateng

by
Relawan Covid Rangers bertemu dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disela-sela upacara HUT Jawa Tengah. Istimewa

SEMARANG – Relawan Covid Rangers sempat ‘mbrebes mili’ ketika mendengar nama kelompoknya disebutkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sambutannya, saat memimpin upacara peringatan Hari Jadi ke 71 Provinsi Jawa Tengah.

Ditemui usai upacara, Miftah Solihin, pencetus Covid Rangers di Rembang mengaku tak menyangka gerakan yang diinisiasinya akan diapresiasi penuh oleh Ganjar.

“Alhamdulillah kita nggak menyangka sama sekali, karena kita nggak pernah berpikir sampai di sini ikut upacara HUT Jawa Tengah yang ke 71 ini,” katanya ditemui di Halaman Kantor Pemprov Jateng, Minggu (15/8).

Miftah menilai hal ini merupakan apresiasi atau penghargaan untuk teman-teman relawan Covid Rangers.

“Salah satu penghargaan atau apresiasi buat temen-temen relawan covid rangers yang setiap hari beraksi, ada yang pagi, siang ada yang malem,” ujarnya.

Miftah mengaku terharu dan hampir menangis saat mendengar Ganjar menyebut Covid Rangers dalam sambutan.

“Kita sempet mbrebes mili gitu ketika kami disebut di dalam sambutan itu,” katanya.

Miftah berharap, gerakan yang diinisiasinya juga
mendorong kesadaran masyarakat Jawa Tengah untuk peduli pada pasien COVID-19. Sebab, kepedulin itu dapat meningkatkan imun mereka. Beberapa relawan di kota lain, kata Miftah, juga mulai tergerak melakukan hal yang sama.

“Harapannya jumlah relawan covid ranger semakin banyak dan kemudian masyarakat yang peduli dengan pasien covid semakin banyak karena itu akan meningkstkan imun mereka. Beberpa kota sudah menghubungi kami untuk bagaimana mereka bisa membentuk covid ranger di kota mereka masing-masing,” tandasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan di Hari Jadi ke 71 Provinsi Jawa Tengah ini mesti menjadi refleksi bersama. Untuk mewujudkan Jateng Tangguh dibutuhkan gotong royong.

“Nah spirit gotong royong inilah yang coba kita bantu. Saya mengapresiasi banyak kelompok-kelompok masyarakat yang punya inisiatif lokal, waduh bagus banget,” kata Ganjar.

Relawan yang dihadirkan seperti Covid Rangers ini, pantas mendapatkan apresiasi setinggi-tingginya di tengah kondisi yang berat ini. Selain itu, juga kepada para tenaga kesehatan hingga relawan pemulasaraan jenazah.

“Di kesempatan ini saya ingin menyampaikan terima kasih, pesan-pesan ini sebagai satu refleksi untuk kita bisa tangguh menghadapi ini, tidak terlalu banyak mengeluh tapi selalu mencari jalan keluar,” tegas Ganjar. (red)