Tekan Penyebaran Covid-19, Pemkab Batang Gelar Lomba Kampung Zero Covid-19

oleh -
Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Batang, dr Utariyah Budiastuti.

BATANG – Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam menekan penyebaran Covid-19 di daerahnya, Pemerintah Kabupaten Batang menggelar lomba Kampung Zero Covid-19. 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes Kabupaten Batang, dr Utariyah Budiastuti mengatakan, lomba yang diinisiasi oleh Bupati Wihaji bertujuan untuk menurunkan angka kasus Covid-19. Selain itu, juga sebagai upaya bersama – sama semua komponen masyarakat agar bisa  terlepas dari pandemi. 

“Untuk lomba kampung Zero Covid-19, pesertanya ada 15 desa dari perwakilan15 kecamatan se-kabupaten Batang. Selain itu, juga 21 RT dari 12 desa dan 9 kelurahan di Kecamatan Batang,” ujar dr Utariyah.

Dijelaskan, selain untuk mengatasi pendemo Covid-19, lomba tersebut juga untuk memeriahkan HUT RI ke 76. Sedangkan untuk kriteria penilaian lomba Kampung Zero Covid diantaranya, administrasi struktur gugus tugas, sarana prasaran pendukung pencegahan dan penerapan PPKM mikro. 

“Disamping itu juga seberapa besar dukungan dari pemerintah desa, pemanfaatan isolasi terpusat (isoter), peran dan kepedulian gugus tugas dan warga terhadap warga yang menjalani isolasi mandiri. Upaya pemerintah desa dan kesadaran masyarakat menerapakan prokes juga jadi kriteria penilian. Kita juga akan menilai seberapa banyak jumlah kasus di periode Juni sampai minggu pertama Agustus 2021,” jelas Utariyah.

Untuk penilaian lomba nantinya akan semi online. Form penilaian lomba dapat diunduh di link https://bit.ly/Administrasi_Lomba_ZeroCovid. Adapaun Pengiriman berkas Administrasi dikirim ke link https://bit.ly/lomba_kampungzerocovid.

Tim penilai sendiri terdiri dari Dinas Kesehatan, Dispermades, BPBD, Satpol PP, Polres, Kodim, Kesbangpol  dan Diskominfo.

“Mereka akan menyeleksi administrasi peserta lomba. Setelah terpilih 5 terbaik akan ada kunjungan lapangan tim juri untuk menentukan sebagai juara 1,2 dan 3. Untuk seleksi administrasi akan berlangasung 23 Agustus untuk menentukan lima terbaik, sedangkan pengumuman hasil lomba pada 27 Agustus 2021,” tandas dr Utariyah. (don)