Pandemi, Persediaan Darah Minim

oleh -
DONOR - Ditengah Pandemi Covid-19 dan Perpanjangan PPKM Jawa Bali, ketersediaan darah akhir akhir ini cukup minim.

**PMI Jemput Bola ke Desa Desa

KAJEN – Di tengah Pandemi Covid-19 dan Perpanjangan Pembatasan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Jawa-Bali, persediaan darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan minim. Untuk menutupi kekurangan, PMI Kabupaten Pekalongan melakukan jemput bola ke Desa Desa dan Kecamatan.

Hal itu dibenarkan Petugas PMI Kabupaten Pekalongan Ari Wibowo, kemarin. Kata dia, jemput bola dilakukan oleh PMI Kabupaten Pekalongan untuk menjaga ketersediaan darah di tengah pandemi dan perpanjangan PPKM level 4. Selain menyasar desa untuk menambah stok darah, PMI juga melakukan jemput bola ke sekolah sekolah dan paguyuban.

Sesuai data, lanjutnya, permintaan darah selama pandemi ini cukup banyak. Hal itu disebabkan karena meningkatnya pasien di rumah sakit.

“Dari PMI Kabupaten Pekalongan stok darah A ada tiga kantong, darah B ada sebanyak 37 kantong. Sedangkan untuk golongan AB ada 4 Kantong darah dan golongan O ada 48 Kantong, ” terangnya.

Dengan adanya jemput bola ke desa dan sekolah, imbuhnya, diharapkan bisa menambah persediaan darah juga menumbuhkan dan mempermudah warga yang hendak donor darah.