Ribuan Warga hingga Pelajar Ikuti Vaksinasi Merdeka Candi

by
Bupati dan Kapolres beserta jajaran Forkopimda bedialog dengan pelajar yang mengikuti program vaksinasi Merdeka Candi di GOR Sarengat.

BATANG – Ratusan pelajar, anggota Ormas dan juga masyarakat umum mendapat vaksinasi Covid-19 dosis pertama di GOR Sarengat Batang.

Mereka merupakan peserta program vaksinasi Merdeka Candi yang mentargetkan sebanyak 4.200 warga yang mendapatkan vaksin dosis pertama.

“Program vaksinasi ini dalam rangka HUT Kemedekaan RI dan berlangsung hingga 17 Agustus 2021. Untuk di GOR Sarengat sendiri ada 2.996 warga yang mendapat vaksinasi dosis pertama,” ujar Kapolres Batang AKBP Edwin Louis Sengka, disela-sela peninjauan kegiatan bersama jajaran Forkopimda, Kamis (5/8).

Kapolres menjelaskan, selain GOR Sarengat, program vaksinasi Merdeka Candi juga diadakan di seluruh Polsek jajaran Polres Batang. Untuk tiap Polsek, mendapat jatah 200 vaksin yang digelar serentak pada hari ini.

“Untuk Polres Batang sendiri sasaran utama vaksin adalah nelayan. Namun karena jumlah nelayan di Kabupaten Batang tidak banyak, maka vaksin juga diberikan pada pelajar, ormas hingga pekerja sejumlah perusahaan,” jelas Kapolres.

Kapolres menambah, antusias masyarakat Batang, termasuk pelajar yang berusia di atas 15 tahun untuk mendapat vaksin cukup tinggi. Hal itu terlihat dari banyaknya pelajar yang datang untuk mendapatkan vaksin dosis pertama.

Bupati Batang, Wihaji menambahkan, untuk jumlah warga Batang yang telah divaksin dosis I sudah mencapai 85 ribuan. Jumlah tersebut setara dengan 14 persen dari target vaksin Covid-19 di Kabupaten Batang.

“Untuk saat ini kita memang masih memprioritaskan warga di wilayah kota Batang yang mendapat vaksin. Mengingat penduduknya yang tergolong padat, dan juga terbanyak yang terpapar Covid-19 adalah warga Kecamatan Batang,” beber Wihaji.

Bupati menegaskan, pihaknya saat ini terus menggencarkan program vaksinasi bagi warga . Bahkan setiap hari setiap puskesmas melayani warga yang ingin mendapatkan vaksin Covid-19.

“Kita bersama TNI Polri siap melakukan percepatan vaksinasi, namun tentunya hal itu tergantung dari ketersediaan vaksin. Dan di Batang sendiri saat ini masih ada stok 6.000 dosis vaksin yang siap diberikan untuk warga,” tandas Bupati. (don)