Berawal Di-PHK Geluti Hobi, Kini Omzet Anggur Rp 9 Juta/Bulan

by
BUDIDAYA ANGGUR - Selama pandemi Covid-19, Adly Natha (44), warga RT 4 RW 8, Perumahan GSM, Desa Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan meraup cuan dengan serius menggarap hobinya membudidayakan tanaman anggur.

Adly Natha (44), warga RT 4 RW 8, Perumahan GSM, Desa Kebonagung, Kecamatan Kajen, Kabupaten Pekalongan, siang itu sibuk merawat tanaman anggur miliknya. Ia memanfaatkan rooftop rumahnya untuk budidaya tanaman anggur.

Ia awalnya bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang IT. Namun dirinya mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK) akibat pandemi. Berbekal hobi budidaya tanaman anggur yang sudah digelutinya sejak delapan tahun silam, selama pandemi ini ia kian serius menggarap hobinya itu untuk meraup cuan.

“Saya mulai melakukan budidaya buah anggur ini sejak tahun 2019. Namun, saya menjadi penghobi tanaman anggur ini sudah 8 tahun,” kata dia.

Setelah tidak bekerja, ia menghilangkan rasa jenuhnya di rumah dengan serius menanam tanaman anggur. Di era media sosial saat ini, ia pun mengupload video saat dirinya memanen buah anggur di kanal Youtubenya.

Tak disangka, respon warganet tinggi. Banyak yang tertarik dengan kesuksesannya menanam tanaman anggur di atas rooftop tersebut.

“Awalnya saya mengupload video panen buah anggur di channel Youtube saya. Dari itu, banyak yang komen dan tanya cara menanamnya. Akhirnya saya mulai menggeluti budidaya bibit anggur ini tahun 2019,” kata Adly Natha (44), Senin (2/8/2021) siang.