Bikin Konten Inovatif Atasi Pandemi

by
FOTO - Wakil Kepala Madrasah berfoto bersama usai pemilihan.

*MAN IC Pekalongan

KOTA – MAN IC Pekalongan terus semangat membuat konten inovatif pembelajaran melalui Youtube selama wabah Covid-19 masih berlangsung dan belum ada tanda-tanda mereda, seluruh aktivitas umumnya dilakukan di rumah melalui sistem dalam jaringan (daring). Tak terkecuali pendidikan yang ikut terkena dampak wabah Covid-19. Hal ini tidak menyurutkan semangat belajar-mengajar bapak Ibu guru MAN IC Pekalongan untuk membuat konten Pembelajaran.

Demikian disampaikan Pembina MAN IC Pekalongan Achmad Chosim kepada Radar Pekalongan, Selasa (4/8/2021).
Dijelaskan, dengan menggunakan sistem daring, siswa tetap belajar dan mengasah kemampuan akademik maupun non akademik.

Didukung kerja kreatif para guru, siswa tetap memperoleh pendidikan yang tepat meski dalam keterbatasan ruang. Kreativitas guru dalam menyajikan kegiatan belajar terus mendukung perkembangan dan menstimulus kecerdasan siswa. Seperti memberikan tugas sesuai dengan tema belajar yang sedianya sudah dirancang.

“Kali ini siswa belajar dengan melihat video di youtube yang bisa mereka perhatikan kapanpun. Jika biasanya siswa akan langsung melaksanakan praktik, kali ini sedikit berbeda. Dengan media video, guru akan membuat beberapa bentuk yang menggambarkan parktik jurusan masing-masing. Kemudian siswa menyontoh dalam parktik jurusannya, seperti pada video yang dibuat bapak/ibu guru,” ungkap Qosim.

Selain kegiatan tersebut, tidak lupa guru juga menyampaikan pentingnya menjaga kebersihan selama wabah Covid-19. Disertai pula dengan memberikan pengetahuan tentang keagamaan. Dua hal ini dilakukan secara bersamaan, yaitu dengan mengajarkan praktik berwudhu.