25 Polisi Penyintas Covid Siap Donorkan Plasma

by
SAMPEL DARAH - Petugas dari UDD PMI Kota Pekalongan mengambil sampel darah anggota Polres Pekalongan Kota yang penyintas Covid-19 dan mendaftar sebagai pendonor plasma konvalesen, Rabu (4/8/2021).

KOTA – Sebanyak 25 orang anggota Polres Pekalongan Kota yang merupakan penyintas Covid-19 mendaftarkan diri sebagai pendonor plasma konvalesen.

Mereka yang telah sembuh dari virus Corona itu diambil sampel darahnya oleh petugas Unit Donor Darah (UDD) PMI Kota Pekalongan, bekerja sama dengan Unit Dokkes Polres Pekalongan Kota di mapolres setempat, Rabu (4/8/2021).

Kepala UDD PMI Kota Pekalongan, dr Ani Sri Rahayu mengatakan, kebutuhan plasma konvalesen untuk pasien Covid-19 di Kota Pekalongan cukup tinggi. Sehari mencapai 10-15 kantong. Namun permintaan itu baru bisa dipenuhi sekitar 80 persennya saja karena jumlah pendonor yang sedikit. Di Kota Pekalongan saja setiap hari pendonor olasma konvalesen sekitar 5 orang.

“Kebutuhan plasma konvalesen akhir-akhirnini agak meningkat. Kami memproses plasma konvalesen ini dengan cara konvensional, satu pendonor yang memenuhi syarat diambil satu kantong. Sementara ini pemintaan baru terpenuhi sekitar 80 persen karena kami kesulitan untuk cari pendonornya,” bebernya.

Dokter Ani menjelaskan ada skrining khusus terlebih dahulu bagi para calon pendonor. Begitupun yang dilakukan terhadap penyintas Covid-19 dari Polres Pekalongan Kota. Para calon pendonor terlebih dahulu diambil sampel darahnya, masing-masing 5 ml. Selanjutnya, sampel darah itu akan dibawa ke UDD PMI Kota Pekalongan untuk diperiksa di laboratorium, apakah memenuhi syarat untuk donor plasma konvalesen atau tidak.

“Kita ambil sampelnya dulu, kita periksa di lab, lakukan skrining, apakah memenuhi syarat donor plasma konvakesen atau tidak. Kita periksa titer antibodinya masih ada atau tidak, juga IMLTD atau penyakit infeksi menular lewat transfusi darah dan lainnya,” katanya.