Bonsai Tunas Kelapa, Hasilnya Bisa Berbentuk Karakter Binatang hingga Wajah Manusia

by
KREASI - Totok saat mengkreasikan bonsai dari kelapa dibentuk hingga menjadi beberapa karakter.

RUPANYA bonsai dari tunas kelapa tersebut merupakan buah keterampilan lelaki yang akrab disapa Totok ini. Dengan tangan terampil dan juga kelihaiannya membuat patung, Totok pun berkreasi dengan membuat tempurung bonsai kelapa berkarakter. Apalagi Totok juga memang menyukai tanaman bonsai.

Di tangannya, Totok mampu mengkreasikan bonsai kelapa dengan berbagai macam karakter.
Seperti ayam, tupai, musang, serta wajah. Pria paruh baya itu mengkreasikan bonsai kelapa pada fase pertumbuhan tunas kelapa. Selebihnya merupakan tahap perawatan yang memakan waktu berbulan bahkan tahunan.

“Untuk proses utama pembentukan bonsai ialah mengukir batok kelapa, dengan bermediakan pot mini tempurung kelapa dibentuk,” tuturnya saat diwawancarai beberapa waktu lalu.

Dikatakannya, untuk membuat bonsai karakter ini kesulitannya di tahap awal pembuatan bonsai atau saat pertunasan. “Kesulitannya di awal membentuk bonsai biasanya pertunasan dalam waktu 7 bulan, karena di tahap itu posisi tempurung harus benar vertikal atau sejajar, dan proses penyayatan tunasnya itu yang menentukan hasilnya, kalau mengukir karakternya satu hari saja selesai,” jelasnya.

Beberapa bonsai karakter miliknya pun telah diperlombakan dan dipamerkan di tingkat Kabupaten saat ajang seni beberapa tahun lalu sebelum pandemi.