Cegah Kerumunan, Vaksinasi Dipindah ke Stadion Utama

by
VAKSINASI - Pelayanan vaksin dosis kedua bagi warga usia 12 tahun keatas yang semula vaksin dosis pertamanya di pendopo Pemkab dipindah di Stadion Utama Kendal.

*Untuk Usia 12 Tahun ke Atas, 10 Meja Layanan Disiapkan

KENDAL – Pemerintah Kabupaten Kendal melakukan vaksinasi dosis kedua bagi warga usia 12 tahun ke atas baru-baru ini. Pemberian vaksin tak lagi dipusatkan di Pendopo Pemkab Kendal seperti pada vaksin dosis pertama, melainkan dialihkan ke Stadion Utama Kendal. Tujuanya untuk mengantisipasi agar tak terjadi kerumunan akibat antrian panjang.

Kabid Kesehatan Masyarakat Dinkes Kendal, Nursidik mengatakan, pada vaksinasi dosis kedua untuk usia 12 ke atas yang dilakukan di Stadion Utama Kendal pihaknya menyiapkan sebanyak 10 meja pelayanan vaksinasi. Tujuanya supaya tak terjadi antrean panjang. “Meja pelayanan vaksin kita perbanyak sehingga lebih mudah melayani warga dan tidak terjadi kerumunan,” katanya.

Diungkapkan, sasaran vaksinasi adalah mereka yang sebelumnya telah mendapatkan dosis pertama di Pendopo Pemkab Kendal. Saat pemberian dosis pertama, antrean panjang terpantau di depan kantor bupati sehingga vaksinasi yang sedianya dijadwalkan sehari diperpanjang menjadi dua hari karena tingginya antusiasme warga.

“Ada 920 warga yang sebelumnya mendapat vaksin dosis pertama di pendopo kita alihkan ke stadion agar lebih mudah dan nyaman serta tidak terjadi antrian,” ungkapnya.

Pada pelaksanaan vaksinasi dosis kedua tersebut, peserta bisa bebas memilih meja pelayanan. Ada lima meja pelayanan khusus laki-laki dan lima meja untuk perempuan. Untuk pelayanan wanita disiapkan tenda tertutup sedangkan yang laki-laki terbuka. Warga yang hendak divaksin juga tidak menunggu lama. Usai menyerahkan bukti kartu vaksin, langsung didata dan dilakukan screening.

Salah satu peserta vaksinasi, Wawan mengatakan, prosesnya tidak lebih dari 10 menit untuk disuntik, proses menunggu hanya saat dilakukan observasi setelah disuntik. Ia mengaku lega bisa mendapatkan vaksin dosis kedua. Sebelumnya saat vaksinasi dosis pertama di pendopo dirinya harus menunggu hampir dua jam sebelum dipanggil. “Ini pelayananya lebih cepat. Ada meja pelayanan lebih dari lima sehingga tak ada antrian,” katanya. (lid)