Lima Kandidat Ramaikan Bursa Pemilihan Ketua Bahurekso, Sistem Vote By Name

by

KAJEN – Lima Kandidat bakal meramaikan Bursa Pemilihan Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso, Kabupaten Pekalongan. Adapun Pemilihan dilaksanakan dengan cara pencoblosan di masing masing kecamatan.

Lima Kandidat Bakal Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kabupaten Pekalongan, digelar di Kali Paingan, Paninggaran adalah
Harnoto selaku Kepala Desa Ponolawen Kecamatan Kesesi, Haryanto Kepada Desa Wonopringgo Kecamatan Wonopringgo. Kemudian, Kepala Desa Kebonrowopucang, Kecamatan Karangdadap, Slamet Nurudin.

Selanjutnya Kepala Desa Kulu Kecamatan Karanganyar, Setyo Nimpurno dan Kepala Desa Wuled Kecamatan Tirto, Wasduki.

Ketua Panitia Seleksi Pemilihan Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso Kabupaten Pekalongan, Riyanto, Rabu (04/08/2021) menyampaikan bahwa dari hasil penjaringan Bakal Ketua Paguyuban Kepala Desa Bahurekso ada lima kandidat. Kemudian dari hasil penjaringan oleh Pansel maka akan disampaikan ke Bupati Pekalongan.

“Tanggal 5 Agustus, Pansel akan menyampaikan berita acara hasil penjaringan calon Ketua Bahurekso kepada Bupati, ” katanya.

Dikatakan, setelah Pansel menerima foto dan data calon Ketua Bahurekso, maka Pansel akan mencetak surat suara sejumlah 285 surat suara. Kemudian Pansel akan mendistribusikan surat suara kepada masing masing kecamatan.

“Jadi setelah surat suara di toblos atau centang surat suara masing masing kecamatan akan di terima oleh Pansel. Kemudian Pansel akan menghitung perolehan suara dengan sistem vote by name kepada 272 kades dan 13 lurah yang di saksikan ketua paguyuban ditambah 2 orang anggota paguyuban sebagai saksi dalam perhitungan suara, ” terangnya.

Adapun tata cara perhitungan sudara, lanjut Kades Blimbing Wuluh Kecamatan Siwalan, maka akan di atur dalam tata tertib pelaksanaan perhitungan suara yang akan di buat oleh pansel dan akan di bacakan sebelum proses perhitungan suara di mulai. Selanjutnya hasil dari perhitungan suara akan di sampaikan kepada Bupati berupa Berita Acara perhitungan suara.

“Setelah itu Pansel akan mengusulkan kepada Bupati untuk konsultasi berkaitan dengan Pelantikan Ketua dan pengurus Bahurekso.” (yon)