Alhamdulillah, Insentif Rp 8 M Bagi Nakes Sudah Cair

by
Wihaji, Bupati Batang

BATANG – Isu soal keterlambatan pencairan dana insentif untuk tenaga kesehatan (nakes) yang telah berkontribusi dalam penanganan Covid-19, ternyata tak terjadi di Kabupaten Batang. Pasalnya, diam-diam Pemkab Batang telah mencairkan dana insentif dengan pagu total mencapai Rp 8.215.000.096 tersebut sejak akhir Juli kemarin.

Kepastian itu disampaikan Bupati Batang, Wihaji, saat dikonfirmasi perihal realisasi insentif nakes, Selasa (3/8/2021). Menurut Wihaji, anggaran Rp 8,2 miliar tersebut diperuntukkan bagi 1.916 nakes yang tersebar di berbagai fasilitas kesehatan (faskes) di Kabupaten Batang.

“Sudah dicairkan mulai Minggu kemarin. Ini menjadi bagian prioritas kami yang harus dibelanjakan. Mereka kan nakes, biar semangat mereka meningkat, biar imunnya naik. Sehingga bisa lebih semangat dalam memberikan pelayanan penanganan Covid-19,” ujar Wihaji saat diwawancarai Radar Pekalongan, Selasa (3/8/2021).

Wihaji berharap ke depannya para nakes bisa lebih bersemangat dalam menjalankan tugasnya. Meskipun begitu, ia juga berharap masyarakat bisa ikut serta membantu meringankan beban para nakes dalam memerangi Covid-19. Salah satunya dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan (prokes) secara disiplin.

“Tentunya nakes tidak bisa bekerja sendirian. Perlu dukungan masyarakat. Khususnya dalam disiplin prokes. Kami berharap di masa perpanjangan PPKM masyarakat agar tetap patuh dan disiplin prokes, Sehingga diharapkan ada penurunan kasus Covid-19 yang lebih signifikan di Kabupaten Batang,” pungkasnya. (nov)