Traffic Light Tugu Duren Mulai Dioperasikan

by
DIOPERASIKAN - Traffic Light perempatan Tugu Duren Karanganyar, Selasa (03/08/2021) mulai dioperasikan. Triyono

KAJEN – Traffic Light perempatan Tugu Duren Karanganyar, Selasa (03/08/2021) mulai dioperasikan. Untuk itu para pengguna jalan agar segera menyesuaikan.

Adapun pengoperasian secara langsung dilakukan oleh Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Provinsi Jawa Tengah, Erry Derima Ryanto didampingi perwakilan Dishub Kabupaten Pekalongan. Sebelum dioperasikan ia melakukan pengecekan Traffic Light pengajuan 2019 yang sempat terkena recofusing akibat Pandemi COVID-19.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Provinsi Jawa Tengah, Erry Derima Ryanto kepada awal media menyampaikan seiring perkembangan lalu lintas di Kabupaten Pekalongan khususnya Kajen dan sekitarnya, ke depan pertumbuhan lalu lintas akan makin meningkat. Untuk itu dilakukan pemasangan Traffic Light di Perempatan Tugu Duren Karanganyar.

“Usulan ini sudah sejak tahun 2019 dari Kabupaten Pekalongan dan baru terealisasi 2021 ini. Tahun lalu terkena refocusing jadi baru bisa terealisasi tahun ini, ” terangnya.

Untuk itu ia meminta bagi pengguna jalan terutama ketika memasuki bundaran dan simpangan, agar bisa mengurangi kecepatan. Sehingga terhindar dari hal tak diinginkan seperti kecelakaan dan sebagainya.

Diakui sebelum dioperasikan pihak Dinas Perhubungan sudah mensosialisasikan melalui media sosial minta bantuan dari teman Dishub Kabupaten Pekalongan. Kemudian menyosialisasikan kantor kecamatan dan media yang lain.

“Ya paling tidak setelah sosialisasi masyarakat bisa mengetahui karena sebelumnya ini sudah lebih seminggu dinyalakan flashing sehingga masyarakat juga sudah tahu langsung, ” lanjutnya.

Sedangkan untuk pengoperasian Traffic Light memakai Siklus time sekitar 116 detik diatur 4 fase. Selanjutnya Nlnanti akan dilakukan evaluasi lagi kalau siklus itu belum optimal. Selain itu nanti petugas dari Dishub Kabupaten Pekalongan akan melakukan evaluasi bersama dengan balai yang ada di Pekalongan, nanti yang lebih pas seperti apa.

“Tetapi harapan kami, setting ini sudah pas. Karena ini berdasarkan volume lalu lintas tahun 2020. Perkiraan kami, pertumbuhan lalu lintas di Kabupaten Pekalongan sekitar 7-10 persen. Nanti kita lihat lagi lah pertumbuhannya seperti apa. Nanti setiap siklus waktu hijau, antrian yang tersisa berapa, teman Dishub Kabupaten Pekalongan yang akan melakukan evaluasi itu.”

Untuk itu diharapkan ketika traffic light ini sudah beroperasi masyarakat bisa segera menyesuaikan, bisa menaati aturan ini. Sehingga bisa semakin tertib dan mengurangi kecelakaan.(yon)