Terkendala NIK, 30 WBP Urung Vaksinasi

by
VAKSINASI - Sejumlah WBP Rutan Batang memperoleh vaksin Covid-19 dosis pertama, Jumat (30/7/2021).

*Sudah 266 WBP Rutan Batang Peroleh Vaksin

BATANG – Sebanyak 266 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Kelas IIB Batang memperoleh vaksin Covid-19 dosis pertama. Kepala Rutan Batang, Rindra Wardhana mengatakan, vaksinasi bekerjasama dengan Kodim 0736/Batang, Polres Batang dan Pemkab Batang.

“Dari total 296 WBP Rutan Batang, ada 30 WBP yang belum bisa mendapat vaksin. Mereka terkendala karena belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK),” ujar Rindra, Jumat (30/7/2021).

Namun demikian, kata dia, Rutan Batang tetap mengupayakan 30 WBP itu memperoleh vaksin. Pihaknya akan berkoordinasi bersama Kodim 0736/Batang, Polres Batang dan Dinkes Batang. “Dalam kurun waktu beberapa pekan ke depan, mereka masih bisa mendapatkan NIK dari keluarganya. Kami akan menelusurinya,” terangnya.

Dikatakan Rindra, WBP yang sudah memperoleh vaksin tidak ada yang mengalami Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). “Di antara mereka pasti ada sebagian yang takut jarum suntik, tapi kami kondisikan dan dibujuk agar bersedia divaksinasi, karena demi kesehatan dan keselamatan mereka,” jelasnya.

Ia mengimbau, baik WBP yang sudah divaksin maupun yang belum, mereka tetap mematuhi protokol kesehatan, tetap pakai masker, cuci tangan pakai sabun sesering mungkin. “Alhamdulillah sampai sekarang tidak ada WBP yang terindikasi Covid-19,” ungkapnya.