Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Budayakan Hemat Listrik

oleh -
TEMPELKAN – Mahasiswa universitas diponegoro menempelkan stiker untuk meningkatkan budaya hemat energi pada masyarakat Desa Sidorejo, Kab.Batang. Istimewa

BATANG – Mahasiswa KKN tim II Universitas Diponegoro mengajak masyarakat untuk membudayakan hemat listrik. Hal ini seperti dilakukan Totok Indrianto dengan menempelkan stiker dan memberikan edukasi ke masyarakat terkait pentingnya menghemat listrik.

“Kami mengedukasi masyarakat pentingnya melakukan konservasi energi dimulai dari perencanaan, sampai ke membangun kebiasaan. Salah satu tahap konservasi energi yang umum adalah dengan melihat potensi pemborosan seperti halnya lampu jalan yang dibiarkan menyala di pagi hari, dan berusaha untuk mematikannya,” jelas Totok saat diwawancarai, Sabtu (31/7/2021).

Pada tahap ini Totok Indrianto selaku mahasiswa ingin menumbuhkan budaya hemat energi yang melekat pada hati masyarakat, hal ini dilakukan dengan cara meberikan stiker himbauan pada setiap fasilitas umum di Desa Sidorejo agar masyarakat yang melihat dapat terstimulasi untuk melakukan hemat energi.

Menurutnya menghemat energi menjadi langkah penting masyarakat untuk turut berperan dalam mengurangi ketergantungan terhadap energi fosil. Ke depan diharapkan pemerintah atau instansi terkait dapat memberikan opsi energi alternatif, yang bisa mendukung penggunaan energi yang ramah lingkungan dan terbarukan. Seperti panas bumi, angin, air, dan sebagainya.

“Dengan membangun kesadaran masyarakat dan juga kebiasaan akan hemat energi, saya berharap ini akan menjadi hal yang positif terutama untuk warga desa pada khususnya,” pungkas mahasiswa Sekolah Vokasi Undip ini. (nov)