Mahasiswa Undip Edukasi Bahaya Napza untuk Masyarakat

oleh -
SOSIALISASI - Mahasiswa KKN Undip saat memberikan sosialisasi Napza bagi masyarakat Desa Sidorejo Warungasem. Istimewa

BATANG – Mahasiswa Tim II KKN Undip terus melaksanakan edukasi dalam program KKN Undip Pulang kampung. Salah satunya seperti dilakukan mahasiswa jurusan D-4 Rekayasa Perancangan Mekanik, M Abdurrahman Saleh. Salah satu programnya yakni mengedukasi masyarakat Desa Sidorejo Warungasem akan bahaya narkotika, psikotropika dan zat adiktif (Napza). Sosialisasi secara daring ini sudah dilaksanakan Jumat (16/7/2021).

Dalam kesempatan ini, Abdurmenggelar penyuluhan dan sosialisasi bahaya narkoba, dan strategi pencegahan penyalahgunaan narkoba untuk warga sekitar. Kegiatan ini diikuti puluhan pemuda di wilayah RT 11 RW 03 Desa Sidorejo.

“Penyalahgunaan narkoba disebabkan oleh berbagai macam faktor diantaranya, keinginan untuk mencoba, ingin tampil beda, kurang percaya diri dan akhirnya menjadi ketergantungan atas obat-obatan terlarang itu,” jelasnya saat diwawancarai, Sabtu (31/7/2021).

Bukan hanya itu, M Abdurrahman S menambahkan faktor lain seperti tekanan kerja atau tekanan belajar sehingga mencari cara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh melalui penyalahgunaan narkoba.
Menurutnya, menggunakan narkoba sebagai gaya hidup (life style) dapat berdampak buruk bagi fisik dan psikis, diantaranya, gangguan pada system saraf, seperti kejang-kejang, halusinasi, gangguan kesadaran dan kerusakan saraf tepi.

“Dampaknya dapat terjadi gangguan pada jantung dan pembuluh darah, gangguan kulit dan gangguan paru-paru, seperti penekanan fungsi pernapasan hingga kesulitan bernafas hingga pengerasan jaringan paru-paru,” terangnya.

Salah satu warga, Indarto selaku mengungkapkan pihaknya melihat dampak penyalahgunaan narkoba yang sangat berbahaya dan memperihantinkan bagi generasi muda dan seluruh masyarakat. Oleh karenanya perlu dilaksanakan upaya pencegahan salah satunya dengan kegiatan sosialisasi ini.

“Harapannya masyarakat menjadi tahu dan dapat menjauhinya dia berharap dengan kegiatan penyuluhan dan sosialisasi narkoba ini merupakan salah satu upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba,” harapnya. (nov)