KKN Undip Ajak Masyarakat Lebih Peduli Lingkungan

by
Sosialisasi – Mahasiswa yang tergabung dalam Tim II KKN UNDIP memberikasin sosialisasi secara daring kepada warga RT.11 RW.09 Desa SIdorejo, Kecamatan Warungasem, Kabupaten Batang. Istimewa

BATANG- Mahasiswa tim II KKN Universitas Diponegoro Semarang mengajak masyarakat Desa Sidorejo Warungasem untuk lebih peduli pada lingkungan sekitarnya. Hal ini dilakukan melalui sosialisasi secara daring yang digelar beberapa waktu lalu yang dihadiri masyarakat setempat.

Perwakilan mahasiswa KKN Undip, Guntur Gunawan menyebut hal ini dilatar belakangi adanya permasalahan sampah yang ada di Desa Sidorejo. Sehingga pihaknya turut memberikan sosialisasi kepada masyarakat terkait peduli lingkungan untuk bumi yang lebih baik.

“Isu permasalahan lingkungan menjadi salah satu PR bagi masyarakat. Seperti permasalahan sampah, polusi udara, penggunaan pupuk secara berlebihan yang dapat merusak struktur tanah, limbah pabrik dan masih banyak lagi. Salah satu permasalahan lingkungan di Desa Sidorejo adalah masalah sampah. Hal ini seperti diungkapkan oleh ibu Sri Supriyati selaku Ibu RT11 RW3. Keterangan beliau ini kami dapat saat survei sebelum KKN dimulai. Sehingga ketika kami KKN ke sini kami mulai edukasi masyarakat terkait kepedulian lingkungan khususnya pengelolaan sampah,” jelas Guntur saat diwawancarai, Jumat (30/7/2021).

Dijelaskan, dengan adanya sosialisasi dan edukasi ini diharapkan adanya perubahan perilaku dan kepedulian pada lingkungan yang mungkin bisa dimulai dari pribadi diri sendiri.

“Kepedulian masyarakat terhadap lingkungan masih terbilang rendah. Ini bisa dilihat dari beberapa sudut lingkungan yang masih terdapat tumpukan sampah. Hal tersebut membuat pemandangan lingkungan menjadi jelek, kurang nyaman dan bisa menjadi sarang penyakit”, imbuhnya.

Sosialisasi dilakukan secara daring (online) dengan menggunakan google meets pada 15 Juli 2021 lalu. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kontak langsung dan kerumunan guna mencegah terjadinya penularan virus di masa pandemi virus corona ini. Terlebih kegiatan ini dilakukan sebagai kegiatan umpan balik untuk tetap memberikan manfaat dari mahasiswa KKN kepada desa setempat, dimana tema KKN Universitas Diponegoro disaat pandemi ini adalah KKN pulang kampung. Sosialisasi ini diikuti oleh 16 warga Desa Sidorejo Warungasem.

“Harapannya setelah adanya sosialisasi ini, kepedulian warga Desa Sidorejo khususnya terhadap lingkungan yaitu masalah sampah menjadi meningkat. Mulai dari membuang sampah tidak membuang sampah sembarangan dipinggir sungai dan mulai menanam tumbuh tumbuhan disekitar rumah”, imbuhnya.

Dijelaskan, banyak sekali penyakit yang timbul dengan kurangnya kepedulian terhadap lingkungan seperti membuang sampah sembarang. Mulai dari penyakit diare, penyakit cacingan, demam berdarah dan penyakit kulit seperti gatal-datal.

“Tidak ada salahnya kita berubah menjadi peduli, bukan kerugian lagi yang didapat tapi yang pasti didapat adalah keuntungan,” pungkasnya. (nov)