Terdampak Pandemi, PKL Terima Bantuan Sembako

by
BANTUAN - Anggota MACI Kendal berkeliling memberi bantuan sembako kepada PKL di sekitar Alun-alun Kendal.

KENDAL – Kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat yang digulirkan pemerintah membuat aktivitas dan mobilitas pelaku usaha kecil ikut merasakan dampaknya. Salah satunya kelompok pedagang kaki lima (PKL) yang harus kehilangan pendapatan akibat terbatasnya aktivitas berjualan selama PPKM.

Kondisi tersebut rupanya telah mengundang kepedulian banyak pihak guna membantu meringankan beban yang harus ditanggung masyarakat kecil. Salah satunya seperti dilakukan komunitas Motor Antique Club Indonesia (MACI) Kendal, yang baru-baru ini membagikan bantuaan berupa paket sembako kepada para PKL yang biasa beraktivitas di komplek Alun-alun Kendal.

Ketua MACI Kendal, Muchlisin mengatakan, kebijakan pemerintah pasti akan menimbulkan efek yang tidak terduga. Di antaranya pedagang yang mengalami kerugian karena ada aturan yang mengharuskan tutup lebih awal.

“Kita MACI Kendal tidak menyalahkan siapapun dan berdiri di tengah dengan bersama-sama membantu pedagang dengan paket sembako meski hanya sedikit. Harapannya pedagang ini tetap bertahan di tengah pandemi seperti ini dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Muchlisin.

Sementara itu, salah satu pedagang mengaku senang bisa mendapatkan bantuan sembako dari pecinta motor antik ini. Bagi mereka, bantuan seperti ini sangat dibutuhkan, di saat ada pembatasan waktu berjualan sehingga pendapatan berkurang. (lid)