Organisasi Kepemudaan Ramaikan Aksi Donor Darah Kemanusiaan

by
PRAKARSAI - Anggota DPR RI Mujib Rohmat prakarsai aksi donor darah kemanusiaan dengan targetkan 1.000 kantong darah.

KENDAL – Di tengah menipisnya stok darah di PMI Kendal, anggota DPR RI Mujib Rohmat memprakarsai aksi donor darah untuk kemanusiaan. Aksi tersebut menargetkan sebanyak 1.000 kantong darah. Kegiatan donor darah sudah dilaksanakan dua kali di Pegandon dan Kaliwungu serta menyusul daerah lainnya.

‚ÄúSudah dua kali aksi donor darah ini, sebelumnya di Kecamatan Pegandon dan kini di Kecamatan Kaliwungu. Sebanyak 200 lebih kantong darah dikumpulkan. Saya menargetkan bisa mengumpulkan 1.000 kantong darah yang akan disumbangkan ke PMI Kendal,” kata Mujib Rohmat usai ikut melakukan donor darah di aksi tersebut.

Kantong darah yang disumbangkan merupakan partisipasi anak muda yang tergabung dalam organisasi kepemudaan, seperti GP Ansor, KNPI, Pemuda Pancasila, Bakkopak dan Perguruan Silat Harimau Putih.
“Melihat stok darah yang menipis sehingga muncul niatan melaksanakan aksi donor darah sebagai upaya menambah stok di PMI Kendal,” terang Mujib.

Masa pandemi membuat donor darah berkurang sehingga perlu dilakukan dengan protokol kesehatan(prokes). Nantinya usai donor darah di Pegandon dan Kaliwungu akan dilaksanakan juga di Boja, Weleri dan Sukoharjo.

Ketua PMI Kendal, dr Budi Mulyono mengatakan, stok darah saat ini menipis sehingga butuh sumbangan darah. Harapannya donor darah ini menambah stok yang ada. “Terakhir stok hanya 78 kantong dan dengan donor darah ini bisa menambah stok darah sehingga bisa bewrtambah,” terangnya.

Pelaksanaan donor darah di masa pandemi tetap menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19. Bahkan jika kedapatan ada yang tidak patuh prokes, kegiatan akan dibatalkan. (lid)