Kejar Target 600 Tes Swab Per Hari

by
TES SWAB - Warga yang terjaring operasi di hari pertama perpanjangan PPKM Darurat menjalani tes swab Antigen di kawasan Monumen Juang 45 Kota Pekalongan, Rabu (21/7/2021) malam.

*Positivity Rate Masih 11,7%

KOTA – Pemerintah Kota Pekalongan bersama Satgas Covid-19 setempat saat ini sedang mengejar target meningkatkan jumlah pengetesan Covid-19, baik itu tes swab (tes usap) PCR maupun Antigen hingga 600 tes tiap hari.

Pelaksanaan tes Covid-19 itu dilakukan di tiap-tiap fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) yang ada, penelusuran kontak erat (tracing), maupun tes secara acak dalam berbagai kesempatan di berbagai lokasi, termasuk saat kegiatan operasi yustisi dalam rangka penegakan aturan PPKM Darurat yang diperpanjang dengan PPKM Level 3 dan 4 hingga 25 Juli mendatang.

“Per hari mulai PPKM Darurat ini targetnya sehari 600 pengetesan untuk Kota Pekalongan. Mudah-mudahan ini bisa tercapai dan dari 600 tes tiap hari itu yang positif Covid sedikit persentasenya,” kata Wali Kota Pekalongan Achmad Afzan Arslan Djunaid, usai kegiatan patroli sekaligus sosialiasi perpanjangan PPKM Darurat dan operasi yustisi bersama Forkopimda setempat, Rabu (21/7/2021) malam.

Aaf, sapaan akrab Afzan, angka positivity rate (persentase jumlah kasus positif dibanding jumlah orang yang menjalani tes atau pemeriksaan) Kota Pekalongan masih tinggi, yakni di angka 11,7%. “Positivity rate kita masih 11,7 persen, sekitar itu. Itu masih tergolong tinggi. Mudah-mudahan kita bisa menekan,” kata Aaf.

Tes merupakan upaya penanganan Covid-19 selain tracing atau penelusuran kontak erat, dan treatment atau perawatan pada pasien yang sakit (test, trace, treat atau 3T). Dengan meningkatnya jumlah tes, diharapkan dapat diketahui sejauh mana laju penyebaran Covid-19 di masyarakat.