Warga Takut Ke Rumah Sakit

by

**Kematian Non-Covid Diduga Meningkat

PANINGGARAN – Lonjakan kasus Covid-19 berimbas pada ketakutan warga untuk memeriksakan dirinya ke rumah sakit. Padahal tidak sedikit di antara mereka menderita penyakit berat yang bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu, angka kematian di luar penyakit Covid pun akhir-akhir ini diperkirakan cukup tinggi.

“Beberapa minggu ini banyak warga yang meninggal bukan karena Covid. Rata-rata mereka takut berobat ke rumah sakit,” tutur perangkat Desa Kayugeritan, Kecamatan Karanganyar, M Puji Purwanto, kemarin.

Hal senada diutarakan Kepala Desa Tenogo, Kecamatan Paninggaran Agus Susilo. Ketua Paguyuban Kades Kecamatan Paninggaran ini mengakui banyak warga yang memilih berobat di rumah. Ada beberapa alasan warga memilih hal itu. Di antaranya rumah sakit penuh dan rasa takut warga untuk ke rumah sakit.

“Banyak warga ketakutan ke rumah sakit karena memercayai informasi hoaks di media sosial yang katanya kalau ke rumah sakit akan di-Covid-kan,” ujar dia.

Dampaknya, banyak warga meninggal di rumah akibat penyakit yang dideritanya. Bahkan, jika satu anggota keluarga sakit, anggota keluarga lainnya banyak juga yang ikut sakit. “Tadi saja ada ibu dan anak di Paninggaran yang meninggal dunia. Saya belum tahu apakah karena Covid atau bukan, tapi pemakaman dengan prokes. Mungkin untuk kehati-hatian saja,” ungkap dia.