Layanan Pinjam Buku Dibuka Daring

by
PINJAM - Contoh format penggunaan layanan pinjaman buku menggunakan daring.

KOTA – Sesuai kebijakan pemerintah terkait dengan perpanjangan masa PPKM Darurat di wilayah Jawa-Bali, layanan Perpustakaan milik Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan ditutup sementara hingga 25 Juli 2021.

Kepala Dinarpus melalui Pengelola IT Perpustakaan Kota Pekalongan, Muhammad Rizki menyampaikan bahwa selama PPKM Darurat di Kota Pekalongan layanan perpustakaan ditutup. Untuk itu, layanan pinjam dan perpanjangan buku dilakukan secara daring (online) melalui aplikasi ipekalongankota dan Whatsapp Gateway ‘Sinau Buku’ atau sistem informasi notifikasi buku.

“Per hari ini (21/7) sampai 25 juli layanan perpustakaan masih ditutup. Bagi masyarakat atau pemustaka yang masih memiliki tanggungan pinjaman, bisa melakukan perpanjangan buku melalui WA Gateway. Selama PPKM ini, kami tidak menerapkan sanksi skorsing bagi pemustaka yang telah habis tanggal peminjaman,” ungkap Rizki di Kantor Perpustakaan Kota Pekalongan, Jalan Jetayu no 2, Rabu (21/7/2021).

Masyarakat bisa melakukan perpanjangan masa pinjaman buku melalui WA Gateway di nomor 085-60000-47-88. Kemudian, kirim pesan dengan format RENEW#Barcode. Tidak hanya perpanjangan pinjam buku, tapi cek skrosing, cek masa aktif kartu, dan cek buku yang dipinjam dapat dilakukan dalam sistem tersebut.

Lanjutnya, selama penerapan PPKM Darurat, antusias masyarakat mengakses aplikasi ipekalongankota lebih banyak dibandingkan sebelumnya. Aplikasi ipekalongankota, memiliki sebanyak 15 ribu konten buku digital yang bisa diakses masyarakat.