Isoman Terpusat Masih Sepi Peminat

by
SEPI - Penampakan wisma atlet Stadion Sarengat sebagai fasilitas isoman terpusat terpantau sepi.

*Dari Kapasitas 24, Baru Terisi 4 Orang

BATANG – Tingkat kepeminatan pasien Covid-19 untuk menjalani isolasi mandiri secara terpusat di wisma atlet Stadion Sarengat Batang masih rendah.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, Didiet Wisnu Hardanto mengatakan, jumlah keterisian wisma atlet masih minim, baru ada empat pasien Covid-19 yang menjalani isolasi. “Masih kosong banyak, kapasitasnya 24 orang, silakan langsung datang ke sana bagi yang isoman,” katanya dihubungi melalui ponsel, Rabu (21/7/2021).

Ia mengatakan, Pemkab Batang akan menjamin kebutuhan dasar pasien Covid-19 yang melakukan isolasi di wisma atlet Sarengat. Pemkab menyediakan fasilitas makan tiga kali sehari, vitamin hingga internet gratis. Tidak hanya itu, warga juga mendapat bantuan Rp 500 ribu untuk keluarga yang ditinggal di rumah. “Untuk yang isolasi di sana yang Tanpa Gejala ataupun gejala minimal. Saturi Oksigennya pun minimal 95,” jelasnya.

Meski begitu, lanjut Didiet, pihaknya juga menyiapkan tabung oksigen untuk berjaga-jaga. Jika pasien Covid-19 mengalami sesak nafas dan saturasi oksigen di bawah 94, maka akan dirujuk ke rumah sakit.

Wisma atlet Sarengat dijaga oleh petugas dari Dinas Kesehatan Kabupaten Batang, dan TNI-Polri.

Sebelumnya, Bupati Batang, Wihaji bersama Kapolres dan juga Dandim mendatangi langsung rumah warga yang positif Covid-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri (Isoman) untuk bersedia mengikuti isolasi terpusat di Wisma Atlet Sarengat.