Enam Sapi Kurban Terpapar Cacing Hati

by
TEMUKAN - Petugas kesehatan hewam banyak temukan cacing hati di hati hewan kurban sapi.

“Panitia penyembelihan hewan kurban harus memperhatikan kebersihan tempat pemotongan agar daging yang dikemas tetap higienis sebelum diedarkan atau dimasak. Bungkus daging hewan kurban jangan gunakan palstilk,” ujarnya.

Petugas kesehatan hewan lainnya, Arief Caesar menambahkan, petugas kesehatan hewan telah melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, baik sapi maupun kambing sebelum Hari Raya Idul Adha. Pemeriksaan dilakukan di tempat-tempat penjualan hewan kurban. Pemeriksaan dilakukan kembali saat penyembelihan hewan kurban, khusus untuk memeriksa bagian hati hewan kurban. “Banyak yang mengandung cacing hati, tetapi sebagian besar kondisinya baik,” ucapnya.

Panitia penyembelihan hewan kurban di Desa Brangsong RT 6 RW 2, Zaenudin mengatakan, penyembelihan hewan kurban dilakukan oleh panitia dengan mematuhi protokol kesehatan. Pembagian daging kurban diantar ke rumah-rumah warga supaya tidak menimbulkan kerumunan warga. “Kami tetap mematuhi protokol kesehatan saat melakukanpenyembelihan hewan kurban. Bungkusnya pun kiya tak gunakan plastik,” ujarnya.

Terpisah, Kepala DPP Kendal, Tjipto Wahjono mengatakan, pendataan jumlah hewan kurban di Kabupaten Kendal tahun ini turun hingga 10 persen dari 13.620 ekor menjadi 12.000 ekor. Salah satu faktor penyebabnya adalah karena pandemi Covid-19.

“Masyarakat terus kita himbau agar mematuhi protokol kesehatan saat pemotongan hewan. Kita juga arahkan bagi warga yang tidak memungkinkan melakukan penyembelihan mandiri agar bisa datang ke rumah pemotongan hewan (RPH),” timpalnya. (lid)