Revisi RTRW Tunggu Jawaban Pemerintah Pusat

by

BATANG – Pemerintah Kabupaten Batang memastikan merevisi Peraturan Daerah tentang Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW). Namun, kini kelanjutan prosesnya masih harus menunggu jawaban dari pemerintah pusat.

“Iya surat permohonan peninjauan kembali terhadap RTRW sudah kami kirim ke Kementerian ATR/BPN dan saat ini pemerintah kabupaten Batang sedang menunggu jawabannya,” ujar Kabid Penataan Ruang, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Batang, Triadi Susanto, kemarin.

Ia mengatakan, jika pengajuan peninjauan kembali diterima, maka pihaknya akan segera memulai proses peninjauan kembali. Akan segera dibentuk tim pelaksana peninjauan kembali terdiri beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan dari unsur akademisi.

Untuk melakukan peninjauan kembali terhadap RTRW, kata dia, memerlukan paling lama tahun terhitung sejak ditetapkannya surat keputusan penetapan pelaksanaan peninjauan kembali. Proses Peninjauan Kembali mengikuti tahapan yang diatur dalam Permen ATR/BPN Nomor 6 Tahun 2017.

Penilaian peninjauan kembali RTRW diawali dengan penilaian per aspek, baik aspek kualitas RTRW, aspek kesesuaian dengan peraturan perundangan-undangan dan aspek pelaksanaan pemanfaatan ruang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan masing-masing aspek.