Keren, Siswa SMPN 1 Batang Dibekali Kemampuan Jurnalistik

oleh -
WAWANCARAI - Salah satu siswa saat mewawancarai Kepala SMPN 1 Batang, Achmad Suroso.

BATANG – Meski di tengah pandemi, kreativitas pelajar di luar bidang non akademik harus terus diasah. Untuk itu, SMPN 1 Batang membekali siswanya dengan kemampuan jurnalistik. Kemampuan ini diharapkan bisa melahirkan karya-karya siswa lewat buletin atau majalah sekolah.

Hal ini seperti disampaikan Kepala SMPN 1 Batang, Achmad Suroso, saat diwawancarai beberapa waktu lalu. Pihaknya menjelaskan, saat ini tengah memberikan pelatihan jurnalistik untuk siswa yang menjadi pengurus OSIS. Nantinya pengurus OSIS ini membentuk tim khusus untuk membuat majalah atau buletin sekolah.

“Karena masih terbatas saat pandemi, sehingga untuk pelatihan hanya diikuti oleh beberapa perwakilan saja. Dan kami ambil dari pengurus OSIS. Tetapi nantinya untuk kontribusi dalam karya-karyanya siswa lain juga bisa berpartisipasi. Seperti dalam karya puisi, cerpen atau lainnya,” jelasnya.

Pihaknya berharap, pelatihan ini bisa mendukung softskill siswa. Tidak hanya secara teknis dalam membuat buletin atau majalah, tetapi juga dalam kreativitas melalui isi dari karya tersebut.

“Kami harap ke depan mereka bisa menghasilkan majalah atau buletin. Baik yang offline atau cetak di media cetak ataupun yang online. Kami harap mereka juga bisa memanfaatkan perkembangan teknologi untuk mendukung teknis pembuatan majalah, ataupun juga kreativitas konten-konten yang ada di dalamnya,” pungkasnya. (nov)