Puluhan Lebe Dilatih Pemulasaraan Jenazah Covid-19

by
PELATIHAN - Dinkes Kota Pekalongan memberikan pelatihan kepada para lebe atau naib tentang pemulasaraan jenazah dengan protokol Covid-19, kemarin (8/7/2021).

Dalam kegiatan ini, Dinas Kesehatan juga menggandeng Tim Pemulasaran RSUD Bendan Pekalongan untuk memberikan materi, mulai dari perlengkapan yang digunakan petugas pemulasaran, cara menggunakan dan melepas Alat Pelindung Diri (APD) hingga cara mengurus jenazah.

Selain itu, pada saat memandikan dan mengkafani jenazah, para petugas pemulasaran dilengkapi dengan APD lengkap seperti masker bedah, sarung tangan, sepatu pelindung, coverall, faceshield, dan celemek plastik.

“APD ini wajib digunakan supaya para petugas betul-betul aman dan terlindungi bagi dirinya dan keluarganya. Sebab, jika ada jenazah yang belum diketahui apakah termasuk Covid-19, Suspek ataupun bukan Covid-19, para petugas harus tetap melakukannya dengan hati-hati dan sesuai dengan protokol kesehatan,” imbuhnya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Tri Nurtiyasih, menambahkan bahwa jenazah Covid-19 sekarang ini sesuai petunjuk teknis dari Kemenkes RI bisa dimandikan terlebih dahulu namun dengan protokol kesehatan yang ketat untuk menghindari terjadinya penularan.

Menurutnya, pelatihan pemulasaraan jenzah Covid-19 bagi para lebe itu perlu, apalagi saat ini kasus kematian akibat Covid terjadi peningkatan bahkan ada yang meninggal saat sedang melakukan isolasi mandiri di rumah. Diharapkan, ketika para lebe itu menemui ada warga yang suspek, kontak erat, hasil PCR belum keluar namun sudah keburu meninggal, maka para lebe dapat memulasarakan jenazah tersebut sesuai protap Covid-19. (way)