Puluhan Lebe Dilatih Pemulasaraan Jenazah Covid-19

by
PELATIHAN - Dinkes Kota Pekalongan memberikan pelatihan kepada para lebe atau naib tentang pemulasaraan jenazah dengan protokol Covid-19, kemarin (8/7/2021).

KOTA – Puluhan lebe atau naib dari 27 kelurahan se-Kota Pekalongan mendapatkan pelatihan pemulasaraan jenazah dengan protokol Covid-19 dari Dinas Kesehatan setempat selama dua hari di Ruang Amarta Setda Kota Pekalongan, Rabu-Kamis (7-8/7/2021).

Tiap kelurahan mengirimkan dua wakilnya, yang mana masing-masing terdiri dari satu laki-laki dan satu perempuan.

Plh Kepala Dinas Kesehatan, dr Pamungkas Tunggul MMed PH menyampaikan bahwa pelatihan itu berawal dari keprihatinan terhadap naiknya angka kematian akibat Covid-19 dan mencegah adanya penularan bagi para petugas pemulasaran jenazah Covid-19.

“Sehingga, kami memberikan pelatihan agar para petugas khususnya para lebe atau naib ini dapat memahami betul tahapan pemulasaran dengan baik dan benar sesuai dengan syariat dan protokol kesehatan,” ungkapnya, kemarin (8/7/2021).

Tunggul membeberkan saat ini angka kematian akibat Covid-19 di Kota Pekalongan sekitar 4 sampai 5 orang per hari. Kondisi tersebut membuat tim pemulasaraan yang telah ada cukup kewalahan karena jumlah pertugas yang terbatas.

“Mudah-mudahan adanya pelatihan ini dapat membantu pemulasaran jenazah baik di wilayah masing-masing maupun RS sesuai dengan standar dan prinsip dari Kementerian Kesehatan,” imbuhnya.