Sempat Kosong, Batang Terima Tambahan 5.000 Dosis Vaksin

by
VAKSIN - Kegiatan vaksinasi yang dilakukan untuk pedagang Pasar Batang. NOVIA ROCHMAWATI

BATANG – Bupati Batang, Wihaji membenarkan jika sempat terjadi kekosongan stok vaksin beberapa waktu lalu. Meski begitu hari ini, pihaknya sudah kembali mendapatkan stok vaksin sekitar 5.000 dosis.

Sementara itu capaian Vaksinasi di Batang untuk tahap 1 mencapai 65.424 dosis di tahap pertama, sedangkan di tahap dua ini sudah tercapai sekitar 31 ribu dosis.

“Per hari ini dilaporkan kepala Dinkes ada 65.424 dosis di tahap pertama. Untuk tahap kedua ini sudah sekitar 31 ribu dosis sekian. Karena sekitar tiga hari kemarin kosong, kemudian mulai besok kami dapat stok sekitar 5.000 dosis dari Dinkes Jateng. Harapannya nanti dapat lebih banyak lagi,” jelas Bupati Wihaji saat diwawancarai, Rabu (7/7/2021).

Menurutnya saat ini antusias masyarakat untuk vaksinasi cukup tinggi. Sehingga pihaknya tetap melaksanakan vaksinasi asal stok vaksinasinya memenuhi. Terkait dengan vaksinasi anak, pihaknya menunggu instruksi dari Pemerintah pusat. Pihaknya siap melaksanakan jika sudah ada stok vaksin yang disediakan.

“Terkait dengan percepatan vaksinasi sesuai dengan instruksi presiden, seadanya kami habiskan. Kalau ada tambahan kami habiskan dan seterusnya. Dan antusias masyarakat tinggi dan hampir semua masyarakat minta divaksin,” imbuhnya.

Meski begitu diakuinya masih banyak masyarakat di Batang yang belum mengikuti program vaksinasi. Setelah tambahan vaksin ini tersedia pihaknya akan segera malaksanakan vaksinasi lanjutan. Dan pihaknya berharap adanya tambahan stok vaksin sehingga dapat melakukan percepatan program vaksinasi.

“Untuk yang belum tervaksin masih banyak. Karena penduduk di Kabupaten Batang ini sekitar 801 Ribu, dan saat ini yang jadi sasaran untuk usia 18 tahun ke atas. Saya kira jumlah yang belum divaksin cukup banyak. Semakin banyak vaksin yang dikasih semakin oke. Karena percepatannya juga oke, dan masing-masing Puskesmas pun sudah siap,” tegasnya. (nov)